PENGEMBANGAN MEDIA TIMER PENCAMPURAN PAINTING PESAWAT BERBASIS MIKROKONTROLER PROMINI DI HANGGAR POLTEKBANG MAKASSAR

Mulyadi Nur(1*), Hendri Louis Latif(2), Wahyudi Wahyudi(3),

(1) Politeknik Penerbangan Makassar
(2) Politeknik Penerbangan Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v20i3.48662

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran aircraft maintenance procedure menggunakan timer sistem pencampuran cat pesawat berbasis mikrokontroler mega 2560 dimana sebuah perangkat yang digunakan dalam proses pencampuran cat untuk pesawat dan menghasilkan timer pencampuran painting pesawat berbasis mikrokontroler Promini yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian ini menggunakan Riset and Development (R&D) dengan model 4D. Model 4D adalah sebuah pendekatan penelitian yang mengacu pada empat dimensi, yaitu Define (Mendefinisikan) dimana peneliti menganalisis kebutuhan pentingnya dilakukannya pengembangan, Design (Merancang) peneliti melakukan perancangan media beserta perangkat-perangkat yang berkaitan dengan media, Develop (Mengembangkan) peneliti memastikan produk yang dikembangkan layak untuk dipergunakan atau di uji cobakan di lapangan yang didasarkan oleh penilaian para ahli, dan Deploy (Menerapkan) peneliti mengimplementasikan produk yang telah dirancang dan telah layak ke taruna untuk dapat memperoleh data kepraktisan dan keefektifan penggunaan media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan pada aspek media dan materi berada pada kategori sangat valid untuk dipergunakan. Implementasi media trainer mendapat respon peserta didik yang berada pada kategori sangat praktis dalam penggunaanya dan hasil nilai tes taruna setelah implementasi mengalami peningkatan berada pada kategori tinggi. Kesimpulan data tersebut menyatakan bahwa media yang telah dikembangkan dinyatakan valid/layak untuk digunakan serta praktis dan efektif dalam penggunaanya.


Keywords


Cat Pesawat, Media Pembelajaran, Timer Pencampuran

Full Text:

PDF

References


Nurhayati, Y. N., Kusumawati, D. K. K. & Yuliawati, E. N. Y. Y. Y. Percepatan Implementasi Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Untuk Pengembangan Infrastruktur Bandar Udara Di Indonesia. War. Ardhia 46, 26–38 (2020).

Rahmawati, D. Millennials And I-Generation Life. (Laksana, 2018).

Citra, A. D. P., Purwanto, P. & Sunoko, H. R. Pengelolaan Limbah Cat Pada Industri Kemasan Plastik Kecantikan Dengan Pendekatan Teknologi Dan Life Cycle Assesment (Lca). At (2020).

Julianti, S. The Art Of Packaging: Mengenal Metode, Teknik, & Strategi. (Gramedia Pustaka Utama, 2014).

Katsigialou, N., Sifakakis, I., Zinelis, S., Papageorgiou, S. N. & Eliades, T. Manual And Mechanical Stripping-Induced Enamel Roughness And Elemental Composition In Vivo. Eur. J. Orthod. 45, 250–257 (2023).

Amin, M. Aircraft Electrical System Assembly Kelas Xi Semester 3. At (2014).

Yasin, V., Zarlis, M., Tulus, T., Nababan, E. B. & Sihombing, P. Rancangan Miniatur Otomatisasi Bel Listrik Pada Gerbang Pintu Menggunakan Microkontroler Atmega8535. J. Inf. Syst. Informatics Comput. 3, 13–20 (2019).

Arifin, J., Zulita, L. N. & Hermawansyah, H. Perancangan Murottal Otomatis Menggunakan Mikrokontroller Arduino Mega 2560. J. Media Infotama 12, (2016).

Sabara, W. W. E. Desain Dan Implementasi Media Pembelajaran Mikrokontroler Berbasis Hybrid Learning Menggunakan Wokwi Simulation. J. Media Elektr. 186–193 (2022).

Wahyudi, W. P., Hidayat, A. & Fakhri, M. M. Penerapan Machine Learning Pada Mikrokontroler Arduino Mega Pro Mini Atmega2560-16au. (2022).

Wahyudi, W., Jaya, H. & Sabara, E. Evaluation Of The Practicality And Effectiveness Of Microcontroller-Based Robotics Trainers As Learning Media. Int. J. Environ. Eng. Educ. 3, 25–31 (2021).

Wahyudi, M. Y. W. Pengembangan Media Sistem Kerja Hall Sensor Pada Motor Kendaraan Listrik Bldc. J. Media Elektr. 26–31 (2023).

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A. & Putri, A. A. Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara 2, 180–187 (2020).


Article Metrics

Abstract view : 91 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: [email protected]

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License