ANALISIS PENGGUNAAN BUSI TERHADAP DAYA PADA SEPEDA MOTOR

Muhammad Iskandar Musa(1*), Zulhaji Zulhaji(2), Darmawang Darmawang(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v20i2.45640

Abstract


Salah satu komponen yang memegang peran penting dalam proses pembakaran pada motor bensin adalah busi (spark plug). Busi berfungsi untuk menghasilkan suatu percikan bunga api dan kemudian digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder pada akhir langkah kompresi pada sebuah siklus motor bensin. Agar bisa menentukan busi yang tepat pada sepeda motor 4 langkah maka kita harus tahu apa itu busi standar, dan busi iridium. Dari dua jenis busi tersebut merupakan jenis busi berdasarkan performa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah busi iridium dapat memberikan daya yang optimal dibandikan dengan busi standar dari pabrik. Metode pengambilan data dilakukan dengan menguji coba kedua busi tersebut pada sepeda motor dan menggunakan alat tes dynamometer atau dynotest sepeda motor. Pada pengujian ini digunakan alat dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan, sedangkan untuk menguji laju konsumsi bahan bakar menggunakan gelas takar, timbangan dan tachometer. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa gambaran daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yaitu, daya tertinggi yang dihasilkan busi standar yaitu 4,1 PS pada putaran 5.000 dan 6.000 rpm, busi racing yaitu 6,3 PS pada putaran 6.000 rpm, busi iridium yaitu 6,6 PS pada putaran 5.000 rpm. Torsi tertinggi yang dihasilkan busi standar yaitu 8,2 Nm pada putaran 3.000 rpm, busi racing yaitu 12,1 Nm pada putaran 3.000 rpm, busi iridium yaitu 13,8 Nm pada putaran 3.000 rpm. Konsumsi bahan bakar terendah (irit) yang dihasilkan busi standar dan busi racing sama yaitu 15,27 ml/2m pada putaran 3.000 rpm, dan busi iridium yaitu 12,96 ml/2m. Uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi ˂ 0,05, terdapat pengaruh penggunaan busi terhadap performa sepeda motor.


Keywords


Daya, Sepeda Motor, Busi

Full Text:

PDF

References


S. Samsiana And M. I. Sikki, “Analisis Pengaruh Bentuk Permukaan Piston Model Kontur Radius Gelombang Sinus Terhadap Kinerja Motor Bensin,” Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Unisma" 45" Bekasi, Vol. 2, No. 1, P. 98182, 2014.

S. Machmud And Y. G. Irawan, “Dampak Kerenggangan Celah Elektrode Busi Terhadap Kinerja Motor Bensin 4 Tak,” Jurnal Teknik, Vol. 1, No. 2, 2011.

Marsudi, Teknisi Otodidak Sepeda Motor Mati. Yogyakarta: Andi, 2017.

M. A. Kurniawan, “Analisis Variasi Busi Terhadap Unjuk Kerja Dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik,” Politeknik Negeri Jember, 2022.

Zulhaji, “Pengaruh Penggunaan Pengapian Cdi Terhadap Pemakaian Bahan Bakar,” Universitas Negeri Makassar, Fakultas Teknik, 2005.

Raharjo And Karnowo, Mesin Konversi Energi. Semarang: Unnes Press, 2008.

Juan, “Fungsi Dan Cici-Ciri Kumparan Primer Dan Sekunder Koil Pengapian,” 2018.

P. Kristanto, “Motor Bakar Torak-Teori Dan Aplikasi,” Yogyakarta. Penerbit: Cv. Andi Offset, 2015.

M. T. Marsudi, “Teknisi Otodidak Sepeda Motor Bebek Belajar Teknik Dan Perawatan Kendaraan Ringan Mesin,” Penerbit Andi: Yogyakarta, 2013.

Gunaderma, “Apa Perbedaan Antara Busi Dingin Dengan Busi Panas,” 2018. Http://Fastnlow.Net/Apa-Perbedaa (Accessed Jan. 10, 2023).


Article Metrics

Abstract view : 572 times | PDF view : 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License