PENGEMBANGAN APLIKASI TUNTUNAN SHOLAT WAJIB 3 DIMENSI BERBASIS ANDROID

Muhammad Riska(1*), Massikki Massikki(2), Ahmad Asyura(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v20i2.45619

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan aplikasi tuntunan sholat wajib 3 dimensi yang dijalankan melalui perangkat android; (2) Mengetahui hasil uji coba aplikasi tuntunan sholat wajib 3 dimensi ditinjau dari aspek materi dan ISO 25010 dari aspek functional suitability, performance efficiency, portability dan usability. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan prototype yang terdiri oleh tahapan: (1) Menganalisis Kebutuhan; (2) Melakukan Perancangan Cepat; (3) Membangun Prototype; (4) Evaluasi Prototyping; (5) Perubahan Desain dan Prototyping; (6) Evaluasi Hasil Revisi Prototyping; dan (7) Pengembangan Sistem Skala Besar. Hasil penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan aplikasi tuntunan sholat wajib 3 dimensi berbasis android; (2) Pengujian aplikasi membuktikan bahwa aplikasi edukasi tuntunan sholat wajib 3 dimensi berbasis android pada aspek materi menghasilkan skor rata-rata sebesar 94,5 (sangat layak), aspek functional suitability mendapatkan nilai feature completeness 1 (sangat baik), aspek performance efficiency menggunakan aplikasi Apptim menunjukkan aplikasi dapat melakukan proses dengan waktu yang singkat, Aspek portability menunjukkan aplikasi dapat diinstal pada perangkat dengan versi android berbeda atau tingkat kelayakan 100%, dan aspek usability mendapatkan nilai persentase sebesar 92,6% (sangat layak).

Keywords


Sholat wajib, Aplikasi, 3D, Android.

Full Text:

PDF

References


A. Wahana and H. H. Marfuah, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Sholat 5 Waktu Berbasis Augmented Reality” Jurnal Transformasi, Vol. 15, No. 2. pp. 133-140, 2019.

Fanani, Solihin et al., “Modul Kuliah Aik 2 (Ibadah, Akhlak Dan Muamalah).” Surabaya: Universitas Muhammadiyah, 2020.

N. F. Ramadhanti, M. Lamada, and M. Riska, “Pengembangan Aplikasi Game Edukasi 3D ‘Finding Geometry’ Berbasis Unity Sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang Matematika,” vol. 4, no. 2, 2021.

J. Roettl and R. Terlutter, “The same video game in 2D, 3D or virtual reality – How does technology impact game evaluation and brand placements?,” PLoS One, vol. 13, no. 7, Jul. 2018.

T. Zebua, B. Nadeak, and S. Bahagia Sinaga, “Jurnal ABDIMAS Budi Darma Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D,” Agustus, vol. 1, no. 1, pp. 18–21, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 28th ed., vol. 1. Bandung: ALFABETA, 2018.

Titania Pricillia and Zulfachmi, “Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD)”. Bangkit Indonesia, Vol. X, No.01, 2021.

M. S. Lamada, A. Sa’ban Miru, and R. Amalia, “Pengujian Aplikasi Sistem Monitoring Perkuliahan Menggunakan Standar ISO 25010,” vol. 3, no. 3, p. 1, 2020.


Article Metrics

Abstract view : 91 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License