PENGEMBANGAN MEDIA SISTEM KERJA HALL SENSOR PADA MOTOR KENDARAAN LISTRIK BLDC

Muhammad Yahya(1*), Wahyudi Wahyudi(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v20i2.45581

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran otomotif khususnya pada perkembangan motor bldc saat ini dan untuk mengetahui tahapan pengembangan media sistem kerja hall sensor sebagai media pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dan menghasilkan media trainer robotika yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian ini menggunakan Riset and Development (R&D) dengan model 4D. Model 4D adalah sebuah pendekatan penelitian yang mengacu pada empat dimensi, yaitu Define (Mendefinisikan) dimana peneliti menganalisis kebutuhan pentingnya dilakukannya pengembangan, Design (Merancang) peneliti melakukan perancangan mediasistem kerja hall sensor beserta perangkat-perangkat yang berkaitan dengan media, Develop (Mengembangkan) peneliti memastikan produk yang dikembangkan layak untuk dipergunakan atau di uji cobakan di lapangan yang didasarkan oleh penilaian para ahli, dan Deploy (Menerapkan) peneliti mengimplementasikan produk yang telah dirancang dan telah layak ke peserta didik untuk depat memperoleh data kepraktisan dan keefektifan penggunaan media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sistem kerja hall sensor yang dikembangkan pada aspek media dan materi berada pada kategori sangat valid untuk dipergunakan. Implementasi media trainer mendapat respon peserta didik yang berada pada kategori sangat praktis dalam penggunaanya dan hasil nilai tes peserta didik setelah implementasi mengalami peningkatan berada pada kategori tinggi. Kesimpulan data tersebut menyatakan bahwa media sistem kerja hall sensor yang telah dikembangkan dinyatakan valid/layak untuk digunakan serta praktis dan efektif dalam penggunaanya.

Keywords


Hall Sensor, Media Pembelajaran, Elektronika Otomotif

Full Text:

PDF

References


M. Yahya, A. Muadz, A. Z. Yusuf, and B. Rauf, “Analysis of industrial needs for job seekers,” in International Conference on Education, Science and Technology, 2020, pp. 50–56.

M. Yahya, “Analisis wawasan kejuruan peserta didik jurusan pendidikan teknik otomotif Universitas Negeri Makassar,” J. MEKOM (Media Komun. Pendidik. Kejuruan), vol. 2, no. 1, 2015.

H. Subakti et al., Esensi Pembelajaran Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Yayasan Kita Menulis, 2022.

M. Yahya, A. Arfandi, and F. A. Darmawang, “The Industrial Electronics Learning Model Needs Analysis Based on Industrial Teaching at Vocational School,” in International Conference on Social, Economics, Business, and Education (ICSEBE 2021), 2022, pp. 130–137.

F. Eliza, H. Hastuti, D. E. Myori, and D. T. P. Yanto, “Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pelatihan Software Engineering,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 5, no. 1, pp. 37–45, 2019.

A. L. Setyabudhi, “Task Analysis Dalam Kompetensi Perawatan Kendaraan Secara Berkala Di Dunia Industri Otomotif BATAM,” Tech. Vocat. Educ. Int. J., vol. 1, no. 01, pp. 1–10, 2021.

F. Hamzah, M. Awaluddin, M. L. Siraj, and H. A. Dos Santos, “The Effect of Individual Characteristics on the Performance of Primary School Teachers in Bone District, Bone Regency of South Sulawesi, Indonesia,” GNOSI An Interdiscip. J. Hum. Theory Prax., vol. 3, no. 3, pp. 49–66, 2020.

H. Wijoyo, Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Insan Cendekia Mandiri, 2021.

P. Priambudi, F. N. Mahmudah, and E. Susatya, “Pengelolaan kelas industri di sekolah menengah kejuruan,” J. Pendidik. Teknol. Kejuru., vol. 3, no. 2, pp. 87–97, 2020.

K. Krismadinata, A. Anwar, and J. Akbar, “Pengembangan Training Kit kendali elektronik pada mata pelajaran mengoperasikan sistem kendali elektronik,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 18, no. 1, pp. 89–98, 2021.

D. Mikelsten, Otomasi dan Teknologi Berkembang, vol. 3. Cambridge Stanford Books.

A. Suprayitno, Menyusun PTK era 4.0. Deepublish, 2020.

Y. Efendi, A. Budiman, W. Suyanto, and A. Fatah, “Kurikulum Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY Yang Memenuhi Kebutuhan Kompetensi Guru SMK dan Industri,” Auto Tech J. Pendidik. Tek. Otomotif Univ. Muhammadiyah Purworejo, vol. 16, no. 2, pp. 71–85, 2021.

A. M. Yusuf, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media, 2016.

W. Wahyudi, H. Jaya, and E. Sabara, “Evaluation of the Practicality and Effectiveness of Microcontroller-Based Robotics Trainers as Learning Media,” Int. J. Environ. Eng. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 25–31, 2021.

M. Nababan and A. Nuraeni, “Pengembangan model penilaian kualitas terjemahan,” 2012.

H. B. Uno, Perencanaan pembelajaran. Bumi Aksara, 2023.


Article Metrics

Abstract view : 175 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: [email protected]

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License