PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CAD MELALUI PROGRAM RICHPEACE DIGITAL GRADING SYSTEM

Nurhijrah Nurhijrah(1*), Syarifah Suryana(2), Nasrah Natsir(3), Irmawati Irmawati(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v20i2.45412

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran CAD melalui program Richpeace Digital Grading System. Metode pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Planning (Perencanaan), Design (Tujuan), Development (Pengembangan). Teknik analisis data menggunakan analisis dekriptif kuantitatif dengan teknik    pengumpulan    data   berupa   teknik    observasi, angket, wawancara   serta dokumentasi. Hasil  penelitian  ini  menunjukkan bahwa 1) Kelayakan silabus memperoleh skor validasi 93 dengan rerata 4.65 yang berada pada kategori sangat valid, 2) Kelayakan media pembelajaran CAD memperoleh skor 91 dengan rerata 4.55 yang berada pada kategori sangat valid 3) Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran diperoleh 2 peserta didik yang memperoleh nilai dengan rentang nilai 80-82, 3 peserta didik yang memperoleh nilai dengan rentang nilai 83-85, 7 peserta didik  memperoleh nilai rentang 86-88, 8 peserta didik memperoleh rentang nilai 89-91, dan  3 peserta didik memperoleh nilai dengan rentang nilai 92-94, 4) respon peserta didik diperoleh 4 siswa pada kategori tinggi dengan persentase 25% dan 12 siswa dengan kategori sangat tinggi dengan persentase 75%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa siswa memberikan pendapat yang positif.


Keywords


Media pembelajaran, CAD, RP-DGS

Full Text:

PDF

References


N. Nurhijrah and N. Natsir, “Pengembangan Kompetensi Guru dalam Membuat Pola Digital dengan menggunakan CAD System,” J. Millenn. Community, vol. 2, no. 1, p. 38, 2020, doi: 10.24114/jmic.v2i1.18623.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, “Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor: 07/D.D5/Kk/2018 Tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK),” Kemendikbud, no. 021, p. 307, 2018, [Online]. Available: http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/3824/struktur-kurikulum-smk-perdirjen-dikdasmen-no-07dd5kk2018-tanggal-7-juni-2018

Perdirjen Dikdasmen No.464, “Perdirjen Dikdasmen No. 464/D.D5/kr/2018 tentang Muatan Nasional,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

G. Gandini, I. Russanti, D. Arifiana, and M. Nashikhah, “Pengembangan Media Video Pembuatan Pola Rok dengan Aplikasi Richpeace-Dgs untuk Siswa Tata Busana Kelas XI SMK Negeri 1 Sooko,” Pendidik. Tambusai, vol. 7, pp. 1523–1531, 2023.

Muhdhor, “Pattern, Grading dan Marker dengan CAD,” Pattern, Grading dan Marker dengan CAD, p. 135, 2018, [Online]. Available: http://repositori.kemdikbud.go.id/8690/1/CAD RICHPEACE.pdf

M. Amin, S. E. Y. Suprihatin, N. Fitrihana, Fitriansyah, and Zulian, Menguasai Sofware CAD Pattern Making untuk Meraih Sukses di Industri Fashion Global Abad 21. 2016. [Online]. Available: https://repositori.kemdikbud.go.id/5275/

Irmayanti, H. Suryani, and T. A. Achmadi, “Pengaruh Penerapan Video Tutorial CAD Pembuatan Pola Blus terhadap Peningkatan Kompetensi Mahasiswa,” J. Teknol. Busana Dan Boga, vol. 8, no. 2, pp. 171–178, 2020, [Online].

Abdul wahid, “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar,” Istiqra, vol. 5, no. meningkatkan presgtasi, pp. 173–179, 2018.

Nurhijrah, S. Suryana, and N. Natsir, “Efektifitas Penggunaan Platform E-Learning dalam pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19,” Pros. Semin. Nas. SMIPT 2021, vol. 4, pp. 180–186, 2021.

Sulastri, Imran, and A. Firmansyah, “Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di,” J. Kreat. Online, vol. 3, no. 1, pp. 90–103, 2014, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/113571-ID-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui.pdf

F. Nantu, “Volume 02, (2), June 2022 http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas,” vol. 02, no. 23, pp. 539–552, 2022.


Article Metrics

Abstract view : 137 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License