PENGEMBANGAN MODEL PANDUAN PERMAINAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS MULTIMEDIA DIGITAL PADA ANAK PAUD

Nasrah Natsir(1*), Imran Imran(2), Nurhijrah Nurhijrah(3), Irmawati Irmawati(4),

(1) Universitas Negeri makassar
(2) Universitas Teknologi Akba Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v20i2.45278

Abstract


Penilitian bertujuan mengembangkan panduan permainan kewirausahaan berbasis multimedia digital pada anak usia dini, melakukan kajian secara teoritis dan empiris mengenai jiwa kewirausahaan dan budaya lokal serta karakter Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk pengembangan permainan kewirausahaan. Setelah tercipta model permainan kewirausahaan kemudian dirancang dalam bentuk buku panduan untuk kemudian diuji secara empiris melalui penerapan selanjutnya diuji cobakan untuk menghasilkan produk yang efektif. Penelitian ini dilaksanakan di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat pada permainan lokal yang ada di daerah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan pengembangan yang menjadi acuan adalah pendekatan pengembangan Systematic Design of Instruction. Langkah utama dibagi menjadi dua, pertama pengujian efektivitas dari hasil pengembangan permainan kewirausahaan berbasis budaya lokal dari penelitian terdahulu, kedua pembuatan perangkat lunak panduan multimedia digital permainan untuk guru/pendidik dan uji coba efektivitas panduan tersebut. Seiring proses pengujian efektivitas, peneliti selalu berupaya untuk memastikan bahwa model permainan yang diterapkan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan jiwa kewirausahaan pada anak usia dini. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan panduan permainan tradisional untuk internalisasi jiwa kewirausahaan, hasil pengujian oleh ahli mengenai efektivitas menunjukkan kedua kelompok ahli sepakat bahwa panduan layak untuk menginternalisasikan jiwa kewirausahaan pada anak.


Keywords


model, panduan permainan, kewirausahaan, multimedia digital, anak usia dini, PAUD

Full Text:

PDF

References


M. Jufri And A. Pandang, “Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Dengan Model Crossectional Cognitive Programming (Ccp) Untuk Menciptakan Lulusan Berjiwa Kewirausahaan,” Paedagogia, Vol. 14, No. 2, 2011.

L. Calman And L. Tarr-Whelan, Early Childhood Education For All: A Wise Investment (New York: Legal Momentum). 2005.

D. R. Gnyawali And D. S. Fogel, “Environments For Entrepreneurship Development: Key Dimensions And Research Implications,” Entrepreneurship Theory And Practice, Vol. 18, No. 4, Pp. 43–62, 1994.

M. Jufri And H. Wirawan, “Internalizing The Spirit Of Entrepreneurship In Early Childhood Education Through Traditional Games,” Education+ Training, 2018.

M. Jufri, A. Ahmad, And K. Zainuddin, “Pengembangan Panduan Permainan Kewirausahaan Berbasis Multimedia Digital Pada Pendidikan Anak Usia Dini,” 2016.

J. Carifio And R. J. Perla, “Ten Common Misunderstandings, Misconceptions, Persistent Myths And Urban Legends About Likert Scales And Likert Response Formats And Their Antidotes,” Journal Of Social Sciences, Vol. 3, No. 3, Pp. 106–116, 2007.

D. G. Altman, Practical Statistics For Medical Research. Crc Press, 1990.

J. R. Landis And G. G. Koch, “The Measurement Of Observer Agreement For Categorical Data,” Biometrics, Pp. 159–174, 1977.


Article Metrics

Abstract view : 76 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License