PEMANFAATAN SAMPAH KULIT PISANG SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER ARUS SEARAH PENGGANTI PASTA BATU BATERAI

Hilda Ashari(1*), Dyah Vitalocca(2), Nurul Ilmia(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v19i3.37117

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan kulit pisang kepok sebagai alternatif sumber arus searah. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ada 3 tahapan yakni tahap studi literatur, tahap pembuatan rangkaian pengujian dan tahap uji keefektifan baterai. Metode yang digunakan observasi dan pengukuran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini dihasilkan kesimpulan (1) Kulit pisang jika di campurkan dengan elektrolit bekas dapat menambahkan nilai tegangan. (2) Nilai tegangan yang efektif digunakan sebagai alternatif sumber arus searah adalah kapasitas 2 baterai yang disusun seri menggunakan massa 15 gram kulit pisang dan 15 gram elektrolit bekas atau dengan perbandingan 1 : 1. Pada percobaan eksperimen ini, massa tersebut yang memiliki tegangan yang lebih besar dan dapat menyalakan 1 beban lampu yang berkapasitas 6 volt 0,5 ampere dalam 84 jam yang disusun secara seri.


Keywords


Kulit Pisang, Baterai, Elektrolit.

Full Text:

PDF

References


S. Hakim, “Sinkronisasi Peraturan Daerah Kota Surakarta No 2 Tahun 2006 Tentang Pengendalian Lingkungan Hidup Terhadap Undang-Undang No 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Dalam Rangka Mewujudkan Produk Hukum Yang Baik Di Daerah),” Uns (Sebelas Maret University), 2013.

M. Muhlisin, “Pemanfaatan Sampah Kulit Pisang Dan Kulit Durian Sebagai Bahan Alternatif Pengganti Pasta Batu Baterai,” Electrician, Vol. 9, No. 3, Pp. 137–147, 2015.

N. Pulungan, M. A. Febria, I. Desma, R. D. Ayuningsih, And Y. Nila, “Pembuatan Bio Baterai Berbahan Dasar Kulit Pisang,” Hasanuddin Student Journal, Pp. 96–101, 2017.

M. Hayaty, S. N. Wahyuni, A. D. Putra, M. Maemunah, B. Satya, And D. Nurani, “Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Menggunakan Open Broadcast Software,” Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, Vol. 1, No. 2, Pp. 61–67, 2021.

R. Yanasari, “Pemanfaatan Kulit Pisang (Musa Paradisiaca) Sebagai Pembuatan Baterai Pengganti Larutan Elektrolit Sel Volta Pada Praktikum Sel Elektrokimia Di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru,” Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim Riau, 2017.


Article Metrics

Abstract view : 351 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License