STUDI INSTALASI LISTRIK PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XIV (PERSERO) PABRIK GULA TAKALAR

Mulawarman Kadir(1*), Zulhajji Zulhajji(2), Al Imran(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) Universitas Negeri Makasar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v20i1.36808

Abstract


Jenis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (a) Apakah kapasitas pengaman yang digunakan di pabrik gula Takalar masih sesuai dengan standar intalasi yang tercantum pada  PUIL 2011, dan (b) apakah penampang penghantar yang terpasang pada instalasi listrik pabrik gula Takalar sudah sesuai dengan standar seperti yang tercantum pada PUIL 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Pengumpulan  data dilakukan dengan dua cara yaitu: observasi dan dokumetasi. Pengolahan data yang diperolah dilakukan dengan analisis deskriptif yaitu menggambarkan atau menjelaskan mengenai instalasi listrik pada room pabrik gula Takalar kemudian membandingkannya dengan PUIL 2011. Hasil penelitian dari data yang didapatkan dari Pabrik Gula Takalar menunjukan bahwa: (a) Kapasitas pengaman pada pabrik gula Takalar masih masih aman atau masih sesuai dengan standar PUIL 2011, berdasarkan perhitungan persentase kelayakan yang sesuai standar PUIL 2011 yaitu berjumlah 23 pengaman yang terpasang pada room Boiler semuanya masih layak dan (b) Kapasitas Penghantar yang terpasang pada room boiler sudah sesuai dengan standar PUIL 2011, Luas penampang penghantar berdasarkan perhitungan persentase kelayakan yang sesuai dengan standar PUIL 2011 yaitu berjumlah 23 penghantar yang terhubung pada MDP setiap room sudah sesuai dengan standar PUIL 2011.

Keywords


Studi, Instalasi Listrik, Pabrik Gula Takalar.

Full Text:

PDF

References


P. Purwito, L. Ruslan, And A. W. Indrawan, “Ibm Pemasangan Dan Penyuluhan Sistem Grounding Pada Pengembangan Instalasi Listrik Rumah Tangga Di Desa Bonto Lebang Galesong,” In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (Snp2m), 2019, Pp. 401–406.

D. Amir, J. Jamaluddin, A. Ariefin, Z. Zuhaimi, And S. Sulaiman, “Penerapan Modul Praktek Instalasi Listrik Penerangan Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Jurusan Teknik Listrik Pada Smkn 5 Lhokseumawe,” In Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 2022, Vol. 6, No. 1, Pp. 162–168.

Hasrul, Konsep Dasar Proteksi Instalasi Listrik. Makassar: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, 2009.

L. A. Greco And T. L. Morris, “Paternal Child-Rearing Style And Child Social Anxiety: Investigation Of Child Perceptions And Actual Father Behavior,” Journal Of Psychopathology And Behavioral Assessment, Vol. 24, No. 4, Pp. 259–267, 2002.

S. Arikunto, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi Vi,” Jakarta: Penerbit Pt Rineka Cipta, 2006.

S. M. Gunawan And J. Sentosa, “Analisa Perancangan Gardu Induk Sistem Outdoor 150 Kv Di Tallasa, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan,” Dimensi Teknik Elektro, Vol. 1, No. 1, Pp. 37–42, 2013.

P. Van Harten And I. Setiawan, Instalasi Listrik Arus Kuat Jilid 1, 2, 3. Penerbit Bina Cipta, 1992.

J. Lumbantobing, “Pemilihan Jenis Arrester Yang Digunakan Untuk Mengamankan Transformator Distribusi 20kv Di Pt Pln (Persero) Ulp Siborongborong,” 2022.


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License