PENGEMBANGAN TRAINER INSTALASI LISTRIK 1 PADA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Alisa Yuliarsih(1*), Ruslan Ruslan(2), Edi Suhardi Rahman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v19i3.35220

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil Pengembangan Trainer Instalasi Listrik 1 pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, (2) untuk mengetahui kelayakan Trainer Instalasi Listrik 1 pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, (3) unrtuk mengetahui tanggapan pengguna terhadap kepraktisan Trainer Instalasi Listrik 1 yang telah dikembangkan pada mata kuliah instalsi listtrik 1 Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Univeritas Negeri Makassar Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Hasil penelitian ini adalah (1) sebuah alat berupa Trainer Instalasi Listrik yang dapat digunakan dalam mata kuliah Inatlasi Listrik 1 sebagai pengantar mahasiswa sebelum memasuki mata kuliah Praktik pada semester selanjutnya. (2) Hasil kelayakan Trainer Instalasi Listrik 1 pada penelitian ini dinyatakan  sangat layak berdasarkan hasil penilaian yang diberikan ahli konten dengan nilai 100% dengan kategori “sangat layak, (3) Tanggapan pengguna terhadap kepraktisan penggunaan Trainer Instalasi 1 pada penelitian ini didapatkan nilai 91% dari penilaian responden dan termasuk kategori “Sangat Praktis” . Kesimpulan dari hasil penelitian Pengembangan Trainer Instalasi Listrik 1 pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar sangat layak digunakan.


Keywords


Pengembangan, Trainer, Instalasi Listrik

Full Text:

PDF

References


M. Suardi, Belajar & Pembelajaran. Deepublish, 2018.

M. A. A. Arifidin, “Pengembangan Trainer-Kit Untuk Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas Xii Di Smk Muhammadiyah 3 Yogyakarta,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 6, No. 3, 2016.

I. Khasanah and A. I. Agung, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Merancang Dan Menggambar Instalasi Listrik Penerangan Model Cooperative Learning Dengan Metode Modeling the Way Di Smkn 1 Pungging,” P. 10.

W. T. Sumar and I. A. Razak, Strategi Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill. Deepublish, 2016.

M. Suyanto, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Penerbit Andi, 2003.

R. T. Mangesa, “Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Praktik Instalasi Listrik,” Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2016.

T. Nurseto, “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik,” Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, Vol. 8, No. 1, 2011.

A. Sopian, “Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan,” Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Vol. 1, No. 1, Pp. 88–97, 2016.

S. Arief, “Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya,” Jakarta: Pt. Rajagrafindo Persada, 2009.

R. M. Branch, Intructional Design: The Addie Approach. London: Springer, 2009.

D. Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D,” 2013.

E. P. Widyoko, Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

D. Mardapi, Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press, 2008.

M. B. A. Riduwan, “Dasar-Dasar Statistika,” Bandung: Alfabeta, 2009.

D. Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D,” 2014.

K. R. S. Suda, N. Santiyadnya, And I. G. Ratnaya, “Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Instalasi Penerangan Listrik Inbow Portable Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Instalasi Listrik di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, Vol. 9, No. 1, Pp. 48–55, 2020.

M. A. A. Nurpradana and E. Ismayati, “Pengembangan Jobsheet Instalasi Motor Listrik Tiga Fasa Menggunakan Direct Instruction Di Smk Negeri 2 Surabaya,” Jurnal Pendidikan Elektro, Vol. 6, No. 3, Pp. 293–300, 2017.

B. D. Ardiansyah and T. Rijanto, “Pengembangan Trainer Instalasi Penerangan Listrik 1 Fasa Berkonsep Smart Building Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Driyorejo,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 9, No. 1, 2020.

W. A. R. Rosalina and P. Sitorus, “Pengembangan Trainer Pengaturan Motor Listrik Terprogram Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik,” Jevte: Journal Of Electrical Vocational Teacher Education, Vol. 2, No. 1, Pp. 1–9.


Article Metrics

Abstract view : 207 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License