PENGEMBANGAN KRAN AIR DAN PENGERING TANGAN OTOMATIS BERBASIS ARDUINO NANO

Dyah Vitalocca(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v20i1.32011

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development  dengan menggunakan metode prototyping. Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan kran dan pengering tangan otomatis berbasis arduino nano yang di kontrol melalui sensor ultrasonik dan (2)  mengetahui tanggapan pengguna terhadap penggunaan alat kran dan pengering tangan otomatis. Pengujian alat ini dilakukan menggunakan pengujian ISO 25010 yaitu menguji fungsionaliti, portability, effesiensi, usability. Alat ini di ujicoba kepada responden untuk memperoleh tanggapan terhadap hasil alat. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah alat yang dapat digunakan para pengguna sebagai alat pencuci tangan dan pengering tangan otomatis yang dapat mengefisienkan penggunaan air, dan tisu serta membantu dalam membersihkan tangan agar terhindar dari bakteri maupun virus. Hasil dari penilaian responden yang dilakukan pada 20 orang yang diminta tanggapannya mengenai alat ini, menunjukkan bahwa alat ini berada pada kategori sangat baik sehingga alat kran dan pengering tangan otomatis ini terbukti efektif dan praktis untuk membantu pengguna menghemat penggunaan air dan tisu.


Keywords


Arduino Nano, Kran dan Pengering Otomatis, Research and Development

Full Text:

PDF

References


S. Suharti, “Pendidikan Kesehatan Tentang 6 Langkah Cuci Tangan Di Paud Sayap Ibu Bandar Lampung,” Andasih Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 02, 2020.

H. F. Sianipar And A. Sijabat, “Demonstrasi Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun Untuk Mencegah Pertumbuhan Mikroba,” Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 1, Pp. 18–21, 2021.

L. R. V. Sinaga, S. A. Munthe, And H. A. Bangun, “Sosialisasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Di Desa Sawo Sebagai-Bentuk Kepedulian Terhadap Masyarakat Ditengah Mewabahnya Virus Covid-19,” Jurnal Abdimas Mutiara, Vol. 1, No. 2, Pp. 19–28, 2020.

C. Okik Hendriyanto, “Pengaruh Intensitas Sinar Ultraviolet Dan Pengadukan Terhadap Reduksi Jumlah Bakteri E. Coli,” Envirotek: Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, Vol. 2, No. 1, Pp. 18–23, 2010.

F. Siswanto And S. H. Suryo, “Rancang Bangun Alat Germicidal Udara Menggunakan Sinar Ultraviolet,” Jurnal Teknik Mesin, Vol. 3, No. 3, Pp. 264–273, 2015.

S. Haryati, “Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan,” Majalah Ilmiah Dinamika, Vol. 37, No. 1, P. 15, 2012.

R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach. Palgrave Macmillan, 2005.

Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2017.

G. R. M. Manullang, “Rancang Bangun Alat Pencuci Tangan Dan Pengering Tangan Otomatis Dengan Human Modul Interface (HMI) Menggunakan T FT Adafruit 2.8” Berbasis Arduino Mega2650,” 2019.

D. Prasetyo, “Perancangan Prototipe Alat Cuci Tangan Otomatis Dengan Sensor Ultrasonik Hc-Sr04 Berbasis Pengendali Mikro Arduino Uno R3,” Jurnal Informatika Dan Industri Cyber-Techn, Vol. 10, 2015.

C. Setiawan, “Prototype Alat Bantu Tuna Netra Berupa Tongkat Menggunakan Arduino Dan Sensor Ultrasonik,” J-Intech, Vol. 5, No. 02, Pp. 82–90, 2017.

Y. Darmawan And M. P. Ns, “Perancangan Sistem Kontrol Jarak Jauh Sebagai Pengendali Alat Pembolong Mulsa Semi-Otomatis,” Fti, 2021.


Article Metrics

Abstract view : 78 times | PDF view : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: [email protected]

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License