PENERAPAN TEKNOLOGI INTERNET OF THING (IoT) PADA BISNIS BUDIDAYA TANAMAN HIDROPONIK DI KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA

Zulhajji Zulhajji(1*), Riana Tangkin Mangesa(2), karolus karen(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/metrik.v19i2.31537

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D) yang bertujuan untuk mengembangkan hasil dari pengembangan teknologi IoT pada budidaya tanaman hidroponik, serta untuk mengetahui bagaimana tanggapan dari hasil penerapan teknologi IoT di Tirta Tani Farm. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh sebuah alat dan aplikasi hydroponic monitoring system berbasis teknologi IoT di Tirta Tani Farm, untuk memonitoring kondisi tanaman hidroponik dari jarak jauh dengan mengirimkan data secara realtime melalui aplikasi android yang terintergrasi dengan perangkat hydroponic monitoring system. Selanjutnya pengujian alat dan aplikasi ini diuji coba dan dibagi menjadi dua metode yaitu pengujian functionality dan usability, Pengujian functionality terdiri dari blackbox dan pengujian usability terdiri dari kuesioner atau angket. Hasil dari pengujian functionality diperoleh bahwa fungsi yang terdapat pada alat hydroponic monitoring system ini berfungsi dengan baik kemudian hasil pengujian yang dilakukan oleh dua validator yaitu mendapatkan skor persentase 100%. Dan hasil dari pengujian usability yang dilihat dari implementasi aplikasi hydroponic monitoring system diperoleh bahwa hasil secara keseluruhan pendapat responden terhadap penggunaan apikasi mendapatkan hasil efektivitas aplikasi dengan skor persentase 82,22%, bisa disimpulkan bahwa alat ini dapat diterima dan aplikasi yang dikembangkan sangat baik untuk diterapkan pada Tirta Tani Farm.


Keywords


hydroponic monitoring system, Alat dan Aplikasi, Monitoring.

Full Text:

PDF

References


H. Effendi and R. Puspitaningrum, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Pemakaian Air Pam Dan Mutu Air Pada Komplek Perumahan Dengan Jaringan Nirkabel Lora Berbasis Arduino Uno,” SINUSOIDA, vol. 23, no. 1, pp. 50–60, 2021.

D. Setiadi and M. N. A. Muhaemin, “Penerapan Internet Of Things (IoT) Pada Sistem Monitoring Irigasi (Smart Irigasi),” Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika, vol. 3, no. 2, pp. 95–102, 2018.

S. Henra, “Hidroponik Budi Daya Tanaman Tanpa Tanah Mudah, Bersih, dan Menyenangkan,” Yogyakarta: ARCitra, 2014.

F. Abur, “Perancangan Dan Implementasi Iot (Internet Of Thing) Dalam Sistem Kontrol Tanaman Sayur Hidroponik,” Semnas SENASTEK Unikama 2019, vol. 2, 2019.

M. Siregar, “Respon Pemberian Nutrisi Abmix pada Sistem Tanam Hidroponik Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi (Brassica Juncea),” Jasa Padi, vol. 2, no. 02, pp. 18–24, 2018.

T. SWADAYA and I. Y. Sutiyoso, 100 Kiat Sukses Hidroponik: Hidroponik. Trubus Swadaya, 2018.


Article Metrics

Abstract view : 159 times | PDF view : 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License