PENGEMBANGAN SISTEM TIMBANGAN BERAT BADAN BERSUARA UNTUK TUNANETRA BERBASIS MIKROKONTOLLER ARDUINO UNO

Anita Handayani(1*), Syarifuddin Kasim(2), Mustari S. Lamada(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/metrik.v19i2.31469

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat terutama penyandang tunanetra dalam menggunakan timbangan berat badan. Timbangan adalah sebuah alat bantu yang digunakan untuk mengetahui berat badan seseorang. Berat badan merupakan salah satu parameter dalam satuan kilogram (kg) yang digunakan untuk pengukuran tubuh melalui berat badan dapat diketahui berbagai informasi untuk menganalisa kondisi tubuh manusia. Mikrokontroller ATmega328 adalah mikroprosesor yang dikhususkan untuk instrumentasi dan kendali. Mikrokontroller merupakan suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus. Timbangan berat badan adalah salah satu peralatan yang digunakan dalam dunia kesehatan, timbangan berat badan yang terdapat dibeberapa pos pelayanan terpadu dan puskesmas masih banyak yang menggunakan timbangan tradisional. Oleh karena itu, diperlukan timbangan berat badan elektronik bersuara, karena nilai ketelitian timbangan berat badan elektronik bersuara ini akurat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) yang merupakan jenis penelitian untuk mengembangkan suatu alat produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada. Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan membuat timbangan berat badan bersuara yang sederhana dengan menggunakan sensor load cell yang akan mendeteksi nilai berat badan manusia. Metode pengembangan yang digunakan adalah prototype, pengembangan ini menggunakan sensor load cell mengukur berat badan.  Arduino Uno sebagai pemroses data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa rata-rata persentase kesalahan ukur rancangan memiliki angka simpangan (error) 6,93%. Selanjutnya untuk hasil uji fungsionality menunjukkan bahwa alat rancangan ini layak digunakan. Sedangkan hasil uji usability diperoleh kesimpulan bahwa rancangan sistem timbangan berat badan bersuara ini dapat berfungsi dengan baik.

Keywords


Timbangan, Berat Badan, Mikrokontroller ATmega328, Sensor Load cell, Arduino Uno.

Full Text:

PDF

References


M. Afdali, M. Daud, and R. Putri, “Perancangan alat ukur digital untuk tinggi dan berat badan dengan output suara berbasis arduino uno,” ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika, vol. 5, no. 1, p. 106, 2017.

S. Rudiyati, Pendidikan ATN. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 2002.

T. Thomas, “Sistem Pengukur Berat dan Tinggi Badan Menggunakan Mikrokontroler AT89S51,” TESLA Jurnal Teknik Elektro UNTAR, vol. 10, no. 2, pp. 79–84, 2010.

Dr. P. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.

Rudiwan, Skala Pengukuan Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2013.

D. Vitalocca, Muliadi Muliadi, and D. D. Andayani, “Sistem Pengontrolan Antena Penerima TV Menggunakan Arduino,” p. 6, 2019.

J. A. Yani, “Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 150 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License