Analisis Implementasi Sistem Manajemen K3 Pada Laboratorium Teknik Instalasi Tenaga Listrik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Gowa

Muh Usman Mustari(1*), Edi Suhardi Rahman(2), Zulhajji Zulhajji(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/metrik.v19i2.30031

Abstract


Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan dalam suatu pekerjaan adalah kesadaran siswa akan pentingnya penerapan K3. Oleh karena itu SMK dituntut untuk sadar dan dapat mengaplikasikan budaya sadar K3 untuk menanggulangi suatu kerugian. Penyebab kecelakaan kerja secara umum adalah adanya kondisi tidak aman dan tindakan tidak aman. Khusus mengenai tindakan tidak aman sangat erat kaitannya dengan faktor manusia atau terjadi karena kesalahan manusia (human errorr).Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui penyuluhan, penerapan, pengawasan, fasilitas pendukung sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja pada laboratorium teknik instalasi tenaga listrik SMKN di Kabupaten Gowa. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMKN di Kabupaten Gowa, berjumlah 550 orang. Sampel penelitian sebanyak 232 orang, ditentukan dengan rumus Slovin. Sampel ditentukan dengan teknik Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Tingkat validitas diketahui dengan pendapat para ahli (expert judgment), sedangkan tingkat reabilitas diketahui dengan rumus Alfa Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penyuluhan dengan hasil baik, penerapan baik, pengawasan baik, fasilitas baik, dan budaya hasil yang baik. Secara keselurhan dapat dinilai bahwasanya pada implementasi sistem manajemen K3 dikategorikan baik.


Keywords


Sistem Manajemen, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Mutu Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Sugihartono, Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2007.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia, “Keputusan Menkes RI No. 228/MENKES/SK/III/2002 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit yang Wajib Dilaksanakan Daerah,” 2002.

Permenaker RI, “Per. 05/MEN/1996 pasal 3 ayat 1 dan 2 tentang SMK3.” Accessed: Feb. 10, 2021. [Online]. Available: www.bphn.go.id

A. NFH, S. Syahrul, and S. S. Dewi, “Analisis Usability Menggunakan Model Use Questionnaire Pada Sistem Informasi Persuratan Akademik Fakultas Teknik UNM,” Jurnal Media Elektrik, vol. 19, no. 1, pp. 1–6.

S. N. Sukmadinata, “Statistika untuk Penelitian,” Alfabeta. Bandung, 2010.

Djemari Mardapi, Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Offset.


Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License