STUDI INSTALASI LISTRIK RUMAH PANGGUNG DI DESA BELAPUNRANGA KECAMATAN PARANGLOE KABUPATEN GOWA

Budi Afandi(1*), Riana Tangin Mangesa(2), Abdul Muis Mappalotteng(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v18i1.29396

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kelaikan pengoperasian instalasi listrik rumah panggung selama lebih dari 10 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian dekriptif. .Penelitian ini akan mengungkap lima faktor yaitu meliputi tahanan isolasi, tahananpembumian, besar penampang penghantar, kondisi pengaman instalasi dan penempatan peralatan. Objek penelitian ini adalah kelaikan instalasi listrik rumah panggung setelah di pakai lebih dari 10 tahun, sedangkan populasi penelitiannya adalah seluruh instalasi listrik rumah panggung setelah dipakai lebih dari 10 tahun di Desa Belapunranga Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa dengandaya 900VA. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis diskriptif persentase. Hasil analisis data penelitian menunjukkan persentase faktor kelaikan tahanan isolasi instalasi sebesar 0 % karena tidak ada tahanan pembumiannya, besar penampang penghantar pada beban titik nyala sebesar 90.91 %, pengaman instalasi Miniatur Circuit Breaker (MCB) ditinjau dari kondisi fisik dan pemasangannya sebesar 96.97 % dan penempatan peralatan ditinjau dari ketinggian dan pemasangannya sebesar 51.52 %. Tingkat kelaikan pengoperasian instalasi listrik rumah panggung di Desa Belapunranga Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa meliputi, 33 rumah tingkat kelaikan instalasi listriknya di bawah 100% dan tidak ada rumah tingkat kelaikan instalasi listriknya sebesar 100 %. Berdasarkan kriteria tingkat kelaikan instalasi listrik rumah panggung jika mencapai 100% maka dikategorikan laik pakai, dan jika di bawah 100% tidak laik pakai.Secara keseluruhan instalasi lisrik rumah panggung di Desa Belapunranga Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa instalasi listriknya tidak laik pakai menurut PUIL 2011. Disarankan hendaknya pemilik rumah untuk merangkai kembali instalasinya yang tidak laik dan mengganti kabel serta memasang tahanan pembumian(grounding) yang sesuai dengan PUIL 2011. Bagi konsumen listrik hendaknya lebih teliti dalam mengganti piranti listrik yang rusak dan segera menghubungi PT. PLN (Persero) atau Biro Teknik Listrik setempat, jika terjadi kerusakan yang serius pada instalasi listriknya. Untuk memudahkan peneliti selanjutnya, maka dipandang perlu mencantumkan usia instalasi listrik pada data di kantor Desa atau Kelurahan

Keywords


Studi Instalasi, Kelaikan, Rumah Panggung

Full Text:

PDF

References


B. Scaddan, “Instalasi Listrik Rumah Tangga,” 2004.

Bartien Sayogo, Penjelasan PUIL 2011. Jakarta: Tim Penyusun Puil, 2014.

A. Hidayat, “Kelayakan Instalasi Listrik Rumah Tangga Berdaya≤ 900 VA Berumur di Atas 15 Tahun di Desa Bojonggede Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal,” Universitas Negeri Semarang, 2016.

R. PANGESTU, “Pengujian Tahanan Isolasi Pada Motor Induksi 3 Phasa Di Pt. Pertamina (Persero) Ru Iii Plaju,” POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA, 2020.

M. Mukmin, A. Kali, and B. Mukhlis, “Perbandingan nilai tahanan pentanahan pada area reklamasi pantai (Citraland),” Mektrik, vol. 1, no. 1, 2014.

H. Wijaya, Metrologi Industri. Universitas Brawijaya Press, 2018.

M. H. Ali, “Studi Kelayakan Instalasi Penerangan Rumah Di Atas Umur 15 Tahun Terhadap Puil 2000 Di Desa Pancur Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang,” Jurnal Teknik Elektro, vol. 5, no. 1, 2013.

S. N. Indonesia, “Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2011 (PUIL 2011),” Jakarta: BSN, 2011.


Article Metrics

Abstract view : 222 times | PDF view : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License