PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN KENAIKAN PANGKAT DOSEN PADA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Ruslan Ruslan(1*), Edi Suhardi Rahman(2), Dyah Vitalocca(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v18i3.25602

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem informasi untuk pengelolaan berkas-berkas aktivitas akademik dosen di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, meliputi kegiatan tridharma perguruan tinggi dan penunjang. Selain mengelola berkas-berkas dosen, aplikasi ini juga mampu memberikan penyampaian kepada dosen yang bersangkutan tentang keterpenuhan kriteria untuk kenaikan jabatan fungsional dan pangkat akademik. Penelitian ini dilaksanakan pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar dengan lama penelitian 8 (delapan) bulan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan menggunakan Waterfall, meliputi proses analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian aplikasi. Produk penelitian ini adalah sebuah sistem informasi yang mampu mengelola berkas-berkas dosen terkait dengan tridarma perguruan tinggi dan penunjang. Selain itu sistem informasi ini mampu memberikan pesan kepada dosen yang bersangkutan apakah berkas-berkasnya telah mencukupi untuk kenaikan jabatan fungsional dan pangkat akademiknya. Aplikasi ini mampu  untuk mengefektifkan proses tersebut dikarenakan semua dokumen telah ada di dalam sistem dan telah dipilah-pilah berdasarkan jenis kegiatannya. Hasil uji menunjukkan bahwa sistem informasi ini berfungsi dengan baik. Sistem mampu memberikan rekomendasi pada dosen tentang keterpenuhan kriteria untuk kenaikan jabatan fungsional dan pangkat akademik yang akan diajukannya.

Keywords


sistem informasi, penilaian kenaikan pangkat, aktivitas tridharma

Full Text:

PDF

References


W. A. Triyanto, “Android-Based Lecturer Workload Simulation Application,” in Journal of Physics: Conference Series, 2020, vol. 1430, no. 1, p. 012050.

B. A. Minartiningtyas and I. K. A. Sumariata, “Rancang bangun sistem informasi perhitungan angka kredit dosen stmik stikom indonesia,” SINTECH (Science and Information Technology) Journal, vol. 1, no. 1, pp. 41–50, 2018.

M. Jannah, “Sistem informasi berorientasi objek untuk kenaikan pangkat dosen,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2013.

H. Hartini and F. Tan, “Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Fungsional dan Pangkat Dosen,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 7, no. 1, pp. 38–44, 2018.

M. I. P. Nasution, “Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen”.

W. W. Royce, “Managing the Development of Large Software Systems 1970,” in Proceedings, IEEE WESCON, 2012, pp. 1–9.

Y. Bassil, “A simulation model for the waterfall software development life cycle,” arXiv preprint arXiv:1205.6904, 2012.

R. D. Jayanto, “Evaluasi Kualitas Aplikasi Mobile Kamus Istilah Jaringan Pada Platform Android dengan Standar ISO/IEC 25010,” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), vol. 2, no. 2, pp. 178–182, 2017.

A. B. David, “Mobile Aplication Testing (Best Practices to Ensure Quality),” AMDOCS. Retrieved May, vol. 25, p. 2014, 2011.

E. S. Rahman and D. Vitalocca, “Analisis Usabilitas Menggunakan Use Questionnaire Pada Sistem Informasi Smk Negeri 3 Makassar,” Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), vol. 5, no. 1, pp. 16–22, 2019.

T. N. Sari, “Analisis kualitas dan pengembangan sistem informasi akademik berbasis web menggunakan standard iso 9126,” JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), vol. 1, no. 1, 2016.

Riduwan and Akdon, Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta, 2008.

Q. Li and Y.-L. Chen, “Data flow diagram,” in Modeling and Analysis of Enterprise and Information Systems, Springer, 2009, pp. 85–97.


Article Metrics

Abstract view : 242 times | PDF view : 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License