SISTEM INFORMASI WISATA PERMANDIAN AIR PANAS LEJJA KAB. SOPPENG SEBAGAI MEDIA INFORMASI PARIWISATA BERBASIS WEB

Alifya NFH(1*), Edi Suhardi Rahman(2), Namira Aprisani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v18i3.24591

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk membuat Sistem Informasi Wisata Lejja berbasis Web di Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan model pengembangan waterfall dalam tahap membangun waterfall, analisa kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian dan penerapan program. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian ISO 25010 menggunakan 8 karakteristik, yakni  functionality suitability, portability,usability, reliability, performance effeciency, security, maintability  dan, Compatibility Untuk pengujian functionality suitability menggunakan instrumen validasi, untuk pengujian portability menggunakan software browserstack, sedangkan pengujian usability menggunakan kuesioner yang berisi 30 pertanyaan. Untuk reliability menggunakan pengujian software webserver stress tool, pengujian performance effeciency menggunakan GTMetrix, pengujian security menggunakan software malware removal, pengujian maintability dilakukan menggunakan instrumen dan pengujian Compatibility menggunakan software sortsite. Hasil pengujian dari functionality suitability menunjukkan tingkat kelayakan 100 %, untuk hasil pengujian reliability sistem dinyatakan layak karena sistem dapat berjalan dengan baik dengan tingkat keberhasilan rata-rata 99,61%. Pada pengujian portability menunjukkan sistem dapat berjalan dengan baik. untuk pengujian usability menunjukkan tingkat kelayakan 90,9%. Pengujian performance efficiency menunjukkan nilai baik. Untuk Pengujian Security menunjukkan nilai Baik, Pengujian Maintability menunjukkan nilai baik, dan pengujian Compatibility menunjukkan sistem berjalan dengan baik.

Keywords


Sistem Informasi, Lejja, ISO 25010

Full Text:

PDF

References


Sularno, Fitria Megawati. (2013). “Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Studi Kasus Pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat). Skripsi. Universitas Widyatama”

Dewi, A. (2016). Strategi Pengembangan Objek Wisata Pemandian Air Panas Lejja Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan. Skripsi. Universitas Fajar Makassar

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Mulyadi. (2016). Pengelolaan Arsip Berbasis Otomasi (1st ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Sidharta, I., & Wati, M. (2015). Perancangan dan implementasi sistem informasi urunan desa (URDES) berdasarkan pada pajak bumi dan bangunan. Jurnal Computech & Bisnis, 9(2), 95-107

Lesmideyarti, D., Rochimah, S., &Yuhana, U. L. (2017). Penyusunan Dan Pengujian Metrik Operabilitas Untuk Sistem Informasi Akademik Berdasarkan ISO 25010. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(2), 92-100.

Gilang Pambudi. (2016). Pengembangan Dan Analisis Kualitas Sistem Informasi Manajemen Dan Bimbingan Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 356 times | PDF view : 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License