PENGEMBANGAN APLIKASI KALKULATOR PENGHITUNG LUMINANSI BERBASIS ANDROID

Dyah Vitalocca(1*), Andi Ahmad Badaruddin(2),

(1) Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v18i3.21421

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkat lunak yang bertujuan untuk menghasilkan aplikasi Kalkulator Penghitung Luminansi Berbasis Android sebagai media informasi luminansi. Pengujian dilakukan dengan menggunakan standar ISO 25010 yang terdiri dari aspek functionality, portability, efficiency, maintainability dan usability. Model pengembangan yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah prototyping dengan tahapan : pengumpulan kebutuhan, membangun prototypinng, pengkodean sistem, menguji sistem, evaluasi sistem, dan menggunakan sistem. Aplikasi dibangun menggunakan software Android Studio. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan sebuah aplikasi yang dapat digunakan sebagai media informasi luminansi dan cara menentukan nilai luminansi yang bersifat offline. Berdasarkan hasil pengujian ISO 25010 diperoleh hasil : a) pengujian aspek functionality menggunakan skala gutman dengan presentase 100% dan telah memenuhi aspek functionality, b) pengujian aspek efficiency dengan menggunakan Cloud.BitBar aplikasi telah memenuhi berdasarkan syarat litle eye; c) pengujian aspek portability pada beberapa jenis smartphone dan versi Android yang berbedadapat berjalan baik tanpa kendala; d) pengujian aspek maintainability aplikasi di anggap mudah untuk diperbaiki dan akan memberikan respon ketika ada kesalahan berdasarkan koding software Android Studio; e) pengujian aspek usability kepada 20 orang responden diperoleh presentase 95% atau 19 responden memberi penilaian sangat baik dan 5% atau 1 responden memberi penilaian baik, sehingga untuk keseluruhan tanggapan responden diperoleh nilai rata-rata 90% dan berada pada kategori sangat baik.

Keywords


Android, Kalkulator, Luminansi

Full Text:

PDF

References


K. K. R. Indonesia, “Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No: 1405/MENKES/SK/XI/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri,” Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta, 2002.

A. G. K. Djupri, M. S. Hardjanto, S. OK, and M. K. Suwaji, “Pengaruh Intensitas Penerangan Terhadap Kelelahan Mata pada Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri 02 Kuripan-Purwodadi,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

P. K. Suma’mur, “Hygiene Perusahaan & Keselamatan Kerja,” Jakarta: Gunung Agung, 2009.

H. Heni and A. J. Mujahid, “Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Pra-Sekolah,” Jurnal Keperawatan Silampari, vol. 2, no. 1, pp. 330–342, 2018.

A. G. Hunt and R. E. Garforth, “Luminous efficiency meter for electric arcs,” Optics Technology, vol. 2, no. 2, pp. 99–101, 1970.

A. Yulianty and A. Kurniawati, “Quality Analysis of Bios Portal Website at Banking Companies Using ISO/IEC 25010: 2011 Method”.

R. Ruslan, E. S. Rahman, and D. Vitalocca, “Pengembangan Sistem Penilaian Kenaikan Pangkat Dosen Pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Makassar,” Jurnal Media Elektrik, vol. 18, no. 3, pp. 14–19, 2021.


Article Metrics

Abstract view : 556 times | PDF view : 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License