PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN MELAUI UNIT PRODUKSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Ayu Tri Wardani(1*),

(1) STIMIK Handayani Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v18i2.20757

Abstract


Tujuan penelitian yaitu (1) Mengetahui cara pengembangan model pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan melalui unit produksi di SMK, (2) Menghasilkan perangkat pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan melalui unit produksi di SMK, (3) Menguji tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan model pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang dikembangkan untuk digunakan di SMK. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development yang mengacu pada model Borg and Gall yang kemudian disederhanakan dan dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah Model Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan melalui Unit Produksi di SMK beserta buku panduan model, modul pembelajaran, dan Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP). Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Bontoala Makassar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Model pembelajaran dikembangkan dengan model pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari model Borg and Gall yang terdiri dari 7 tahap, yaitu: (a) Penelitian Terhadap Produk yang Telah Ada, (b) Perancangan, (c) Pengujian Internal, (d) Revisi, (e)  Uji Coba (f) Revisi, (g) Kajian Produk Akhir, (2) Perangkat yang dihasilkan yaitu berupa Buku Panduan Model Pembelajaran, Modul Pembelajaran, dan RPP, (3) Model dan perangkat yang dikembangkan  telah teruji valid, praktis dan efektif.

Keywords


Pengembangan model pembelajaran, Prakarya dan kewirausahaan, unit produksi.

Full Text:

PDF

References


D. P. Nasional, “Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional,” Language, vol. 188, p. 22cm, 2003.

Darmawan, Strategi Pembelajaran Kejuruan. Makassar: Badan Penerbit UNM, 2008.

E. Mulyani, “Strategi menumbuhkan sikap dan perilaku wirausaha melalui pembelajaran kooperatif yang berwawasan kewirausahaan,” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, vol. 6, no. 2, 2009.

A. Hakim, “Model pengembangan kewirausahaan sekolah menengah kejuruan (SMK) dalam menciptakan kemandirian sekolah,” Jurnal, vol. 4, no. 1, 2010.

Z. Z. Firdaus, “Pengaruh unit produksi, pengalaman prakerin dan dukungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa SMK,” Jurnal pendidikan vokasi, vol. 2, no. 3, 2012.

Dikmenjur, Pedoman Pelaksanaan Unit Produksi. Jakarta: Dikmenjur, 2007.

I. M. Tegeh, I. N. Jampel, and K. Pudjawan, “Model penelitian pengembangan,” Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

S. Akbar, Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

T. N. Sari, “Analisis kualitas dan pengembangan sistem informasi akademik berbasis web menggunakan standard iso 9126,” JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), vol. 1, no. 1, 2016.


Article Metrics

Abstract view : 281 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License