PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS JEJARING SOSIAL

Muhammad Bhilal Halim(1*), Andi Zulfikar Yusuf(2),

(1) Universitas Fajar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v18i1.19408

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis jejaring sosial (facebook) pada mata kuliah tune-up motor bensin jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Makassar. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan teknik otomotif Universitas Negeri Makassar  dengan jumlah 30 orang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Media pembelajaran yang dikembangkan, telah divalidasi oleh pakar dan telah mengalami revisi, serta telah diuji coba (perorangan, kelompok kecil, dan terbatas) pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif. Sehingga didapatkan hasil yang layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media pembelajaran berbasis facebook telah memenuhi kriteria validitas yang meliputi aspek aplikasi, aspek tampilan, dan aspek content. Media pembelajaran alternatif berbasis facebook dikatakan efektif, hal ini dapat dilihat dari aktivitas dosen terhadap pembelajaran yang dilaksanakan pada kategori sangat baik, aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan pada kategori sangat baik, dan umumnya respon mahasiswa positif terhadap media pembelajaran alternatif yang telah dikembangkan. Selanjutnya, media pembelajaran alternatif berbasis facebook cocok digunakan dalam proses pembelajaran online tune-up motor bensin dan pembelajaran matakuliah lain.

Keywords


Media pembelajaran, Jejaring sosial

Full Text:

PDF

References


Benny, Model Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat, 2010.

S. M. Metev & V. P. Veiko, Laser Assisted Microtechnology, 2nd ed., R. M. Osgood, Jr., Ed. Germany: Springer-Verlag, 1998.

Daryanto. Prinsip Dasar Mesin Otomotif bagi pemula. Bandung: Alfabeta, 2011.

J. Breckling, Ed., The Analysis of Directional Time Series: Applications to Wind Speed and Direction, ser. Lecture Notes in Statistics, Germany: Springer, 1989, vol. 61.

Suwarno, berfacebook itu butuh kedewasaan http://www.kompas.com/. Diakses,10 desember 2013). 2009

S. Zhang, C. Zhu, J. K. O. Sin, and P. K. T. Mok, “A novel ultrathin elevated channel low-temperature poly-Si TFT,” IEEE Electron Device Lett., vol. 20, pp. 569–571, Nov, 1999.

A. Suyitno, ”Facebook Sebagai Media kreatif E-Learning Untuk Pembelajaran di Era Global”, disampaikan dalam workshop dan lomba karya tulis ilmiah dinamik 7 April 2012. Bandung: UPI.


Article Metrics

Abstract view : 413 times | PDF view : 263 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License