RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING PENGGUNAAN DAYA LISTRIK BERBASIS SMARTPHONE

Syahrul Mustafa(1*), Umar Muhammad(2),

(1) Politeknik Bosowa
(2) Politeknik Bosowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v17i3.14968

Abstract


Mengetahui alat monitoring daya listrik berbasis smartphone yang telah dirancang memudahkan pengguna dalam memonitoring daya listrik. Metode yang dilakukan dalam proses pengambilan data yaitu metode eksperimen. Alat monitoring daya listrik bebasis smartphone inii dapat mengukur berapa daya yang terpakai dan dapat di pantau melalui aplikasi android. Alat monitoring daya listrik berbasis smartphone inii dapat memudahkan pengguna dalam memonitoring daya listrik dengan menggunakan aplikasi pada smartphone. Dilihat dari hasil tabel pengukuran cosphi beban, dengan mengambil sample data pengukuran mesin bor, rice cooker, solder, setrika dan mesin pompa Beban yang terukur pada mesin tersebut akan terhubung langsung dengan aplikasi dari smartphone. Aplikasi smarthphone ini bertujuan untuk memudahkan pengguna agar bisa memantau penggunaan daya listrik pada beban yang digunakan.

Keywords


Monitoring, Daya listrik, Smartphone

Full Text:

PDF

References


G. Lukitasari, A. Hariyadi, And R. H. Y. Perdana, “Implementasi Power Line Communication (Plc) Untuk Monitoring Penggunaan Arus Di Politeknik Negeri Malang,” Jurnal Jartel: Jurnal Jaringan Telekomunikasi, Vol. 7, No. 2, P. 74, 2018.

Y. Badruzzaman, “Real Time Monitoring Data Besaran Listrik Gedung Laboratorium Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang,” Jtet (Jurnal Teknik Elektro Terapan), Vol. 1, No. 2, 2012.

I. Dinata And W. Sunanda, “Implementasi Wireless Monitoring Energi Listrik Berbasis Web Database,” Jurnal Nasional Teknik Elektro, Vol. 4, No. 1, Pp. 83–88, 2015.

I. E. Putra, I. A. D. Giriantari, And L. Jasa, “Monitoring Penggunaan Daya Listrik Sebagai Implementasi Internet Of Things Berbasis Wireless Sensor Network,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, Vol. 16, No. 3, P. 50, 2017.


Article Metrics

Abstract view : 828 times | PDF view : 188 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License