KONTRIBUSI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMAN 1 PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP
Muhammad Asriadi
(1*), Masni Masni
(2),
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Bosowa Makassar
(*) Corresponding Author
DOI:
https://doi.org/10.59562/metrik.v17i3.14960
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mengungkapkan secara deskriftif kontribusi media pembelajaran PPKn yang dirancang oleh guru pada SMAN 1 Pangkajene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) meliputi perencanaan, pembuatan media serta proses penerapannya dalam menumbuhkan partisipasi dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode interaktif model dengan teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa temuan: Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Pangkajene dilakukan bersama dengan guru mata pelajaran lainnya. Hal ini kemudian memberikan acuan kepada guru mata pelajaran dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran agar lebih terarah dan berjalan efektif dan efisien. Dengan kata lain perencanaan pembelajaran berperan sebagai skenario proses pembelajaran. Oleh karena itu perencanaan pembelajaran hendaknya bersifat fleksibel dan memberi kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikannya dengan respon peserta didik dalam proses pembelajaran sesungguhnya.. Analisis data yang diperoleh dari sampel juga menunjukkan adanya suatu peningkatan hasil belajar dan partisipasi belajar peserta didik. Hal ini sesuai dengan asumsi yang diharapkan yaitu adanya perbedaan atau terjadi peningkatan partisipasi dan hasil belajar peserta didik setelah penerapan media pembalajaran audio visual oleh sampel. Berdasarkan hasil pengujian, penerapan media pembelajaran audio visual memiliki nilai mean 81,05 dimana nilai ini termasuk kedalam kriteria sangat baik, sedangkan untuk presentase partisipasi belajar sebesar 75,75% tergolong pada kategori baik.
Keywords
Kontribusi, Media Pembelajaran, PPKN
References
M. P. Trianto, “Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: Konsep, landasan dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),” Jakarta: Kencana, 2010.
S. B. Thalib, Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. Prenada Media, 2017.
M. Ramli, Media dan teknologi pembelajaran. ANTASARI PRESS, 2012.
A. S. Sadiman, “Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya,” 2009.
Article Metrics
Abstract
view : 270 times |
PDF view :
39 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Media Elektrik
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Media Elektrik Index:
Alamat Redaksi:
Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2
Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513
E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id
Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License