PENINGKATAN HASIL BELAJAR DASAR KOMPETENSI KEJURUAN MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 MAKASSAR

Labusab Labusab(1*), Retyana Wahrini(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v17i2.14038

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar  Dasar Kompetensi Kejuruan siswa Kelas X SMK Negeri 5 Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X Teknik Permesinan SMK Negeri 5 Makassar. yang berjumah 31 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  pemberian tes pada  setiap akhir siklus serta observasi langsung pada saat pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara kuantitatif. Peningkatan terlihat pada nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 6,60 dan kemudian dilanjutkan pada siklus II meningkat menjadi 7,98. Secara kualitatif terjadi perubahan keaktifan dan perhatian siswa selama pelaksanaan pembelajaran yaitu meningkatnya keaktifan belajar siswa, memupuk keberanian siswa dalam mengeluarkan pendapat, serta adanya suatu kondisi proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kontekstual dapat Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Kompetensi Kejuruan Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Makassar.

Keywords


CTL, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


A. Sijaya, Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Learning) Siswa Kelas X Jurusan IPA SMA Negeri 1 Kelara, FBS UNM, Makassar, 2008.

H. Abdul, Belajar dan Pembelajaran, Makassar: UNM, 2007

H. Oemar, Proses belajar Mengajar, Jakarta: PT, Bumi Aksara, 2001.

Nurhadi, dkk, Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press), 2003.

Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Surabaya: Prestasi Pustaka, 2007.

Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.


Article Metrics

Abstract view : 146 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License