HUBUNGAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PTIK PADA MASA PANDEMI

Ninik Rahayu Ashadi(1*), Sutarsih Suhaeb(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v17i2.14036

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto untuk mengetahui (1) hubungan pemanfaatan google clasroom terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Rekayasa perangkat Lunak di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, (2) Hubungan antara kemandirian belajar mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Rekayasa perangkat Lunak di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, (3) hubungan pemanfaatan google classroom dan kemandirian terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah rekayasa perangkat lunak. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 38 orang mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Rekayasa perangkat Lunak di kelas D 2018. Data penelitian diperoleh dengan teknik test dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis korelasi product moment¸dan analisis korelasi berganda. Berdasarkan hasil penelitian (1) Terdapat hubungan yang signifikan terhadap pemanfaatan google classroom dengan hasil belajar mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05 (5%) dengan angka koefisien korelasi Pearson sebesar 0.569, (2) Terdapat hubungan yang signifikan terhadap kemandirian belajar mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0.029 < 0.05 (5%) dengan angka koefisien korelasi Pearson sebesar 0.316, (3) Hasil korelasi X1 dan X2 dengan Y secara bersama-sama terdapat hubungan yang signifikan terhadap pemanfaatan google classroom dan kemandirian belajar mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah rekayasa perangkat lunak. Hal ini dapat dilihat dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05 (5%) dengan angka koefisien korelasi Pearson sebesar 0.511.

Keywords


Hubungan, Pemanfaatan, google classroom, kemandirian, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


I. Tahar, Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Pada pendidikan Jarak Jauh, Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7 (2), 91-101, 2006.

N. Nirfayanti, & N. Nurbaeti, Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa, Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2 (1), 50 - 59, 2019. https://doi.org/10.30605/2615-7667.211.

N. Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT, Remaja Rosdakarya, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2015.

T. Darmayanti, S. Islam, & Asandhimitra, Pendidikan tinggi jarak jauh: Kemandirian belajar pada PTJJ, Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2004.

W. E. Afrianti, Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akuntansi (Studi Pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia), Skripsi Dipublikasikan, Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta, 2018.

Y. T. Widyaningrum, dan C. E. Murwanintyas. “Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra Terhadap Grafik Fungsi Kuadrat Di Kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013.” Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 975–980. Yogyakarta.

Z. Hammi, Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus, Universitas Negeri Semarang, 2017.


Article Metrics

Abstract view : 2859 times | PDF view : 1154 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License