PENGARUH LABELISASI HALAL DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)

Nurhasia Isman(1*), Zainal Ruma(2), Tenri Sayu Puspitaningsih Dipoatmodjo(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jm.v2i2.35505

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh Labelisasi Halal dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah labelisasi halal dan celebrity endorser sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi aktif Fakultas Ekonomi UNM angkatan 2019 dengan jumlah populasi sebanyak 861 mahasiswi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Tekik analisis datang yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 25.00 for Windows. Hasil penelitian ini diperoleh nilai dari Uji Korelasi Koefisien sebesar 0,716 yang menandakan bahwa terdapat hubungan yang kuat antar dua variabel. Dan R square sebesar 0,503 artinya variabel labelisasi halal dan celebrity endorser memberikan pengaruh sebesar 50,3% terhadap keputusan pembelian, dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Labelisasi Halal berpegaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; 2) Celebrity Endorser berpegaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci: Labelisasi Halal,Ccelebrity Endorser, Keputusan Pembelian

Abstract. This study aims to determine the Effect of Halal Labeling and Celebrity Endorser on Wardah Cosmetics Purchase Decisions on students of the Faculty of Economics, Makassar State University. The independent variables in this study are halal labeling and celebrity endorsers, while the dependent variable is purchasing decisions. This type of research is quantitative research. The population in this study were active students of the Faculty of Economics, UNM class of 2019 with a total population of 861 female students. Sampling using purposive sampling technique and obtained a total sample of 100 respondents. The coming analysis technique used is multiple linear regression analysis using SPSS 25.00 for Windows. The results of this study obtained the value of the Coefficient Correlation Test of 0.716 which indicates that there is a strong relationship between the two variables. And R square of 0.503 means that the halal labeling variable and celebrity endorser have an influence of 50.3% on purchasing decisions, and the rest is influenced by other variables. This study shows that: 1) Halal labeling has a positive and significant effect on purchasing decisions; 2) Celebrity endorsers have a positive and significant impact on purchasing decisions.

Keyword: Halal labeling, Celebrity Endorser, Purchasing Decisions


Full Text:

PDF

References


ANTARA NEWS. https://www.antaranews.com/berita/2003853/kemenperin-industri-kosmetik tumbuh-signifikan-pada-2020#:~:text=Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal,termasuk di dalamnya%2C tumbuh 9.

Gumelar, B. (2016). Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Universitas Negeri Ygyakarta.

Helga Drumond, 2003, Metode Penelitian Bisnis, Jilid I, Edisi kelima, Erlangga.Jakarta

Kementerian Agama RI. (2008). Panduan Sertifikasi Halal. Kementerian Agama RI.

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Mahwiyah.(2013). Pengaruh Label Halal Terhadap Produk Makanan.UIN Syarif Hidayatullah.

Makrufah, I. A. (2017).Pengaruh Citra Merek dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Pada Konsumen di Outlet Toserba Laris Kastasura).Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Purnomo, R. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Wade Group.

Qhardawi, Y. (2007). Halal dan Haram dalam Islam.Era Intermedia.

Roscoe. 1982. Research Methods For Business. Dalam Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatitf dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Satyadi, A. (2018). Pentingnya Penggunaan Label Pada Kemasan. Indonesia Print Media.http://www.indonesiaprintmedia.com/pendapat/225-pentingnya-penggunaan-label-pada-kemasan.html

Schiffman, L., & Kanuk, L. (2000). Customer Behavior (7th ed.). Pearson Prentice Hall.

Shimp, T. (2003). Periklanan, Promo, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (5th ed.). Airlangga.

Sugiyono, M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.

Sumadi, S. (2016).Peran Kepercayaan Kepada Penjual dan Label Halal Terhadap Minat Beli Daging Halal. Benefit Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 120–130.

Widyaningrum, P. W. (2016). Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah di Ponorogo). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 2, 83–88.


Article Metrics

Abstract view : 226 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Manajemen

index by:

               

 

 Creative Commons License
Jurnal Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.