Pengembangan Karakter Siswa Berbasis Siri’na Pacce Dalam Mengurangi Kenakalan Siswa SMA Negeri 14 Makassar

Mariani Mariani(1*), Ahmad Razak(2), Sulaiman Samad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan karaktert siswa berbasis siri’na pacce dalam mengurangi kenakalan siswa SMA Negeri 14 Kota Makassar.  Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan penelitian ini adalah single-group pretest-posttest design. Hasil penelitian ini adalah 1) terdapat nilai signifikan untuk pretest yaitu . Hal ini berarti bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selanjutnya, nilai signifikan untuk posttest yaitu . Hal ini berarti  bahwa terdapat perbedaan rata-rata posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen (  ditolak). Selain itu, rata-rata prestest kelas kontrol yaitu 52.63 sedangkan  rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 53,50. 2) Observasi selama 1 bulan terdapat 7 dari 30 siswa yang mengulang kembali melakukan kenakalan. 3) Dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang karakter berbasis siri’na pacce serta dapat menerapkan nilai-nilai karakter berbasis siri’na pacce. Hal ini menandakan bahwa pemberian Modul Pengembangan Karakter Berbasis Siri’Na Pacce dapat mengurangi kenakalan siswa yang ada di SMA Negeri 14 Kota Makassar.

Keywords


Kenakalan Siswa, Karakter, Siri’Na Pacce

Full Text:

PDF

References


Akdon dan Riduwan, A. dan R. (2009). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruci.

Aswat, H., B, F., La Ode Onde, M. K., Sari, E. R., & Yansen, W. D. (2021). Analisis Iklim dan Budaya Sekolah di Masa New Normal terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal Po-5 Sejak Dini. Jurnal Basicedu, 6(1), 287–297. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1897

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fathonah, Z., & Halwa, H. (2022). PENANAMAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL BUDAYA GAYO SUMANG PERCERAKEN (PERKATAAN) SEBAGAI UPAYA PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER.

Hamid, H., Farid, Z. A, F., Z. A., Lopa, M., & Salombe, C, S., C. (2007). Siri’& pesse: Harga diri manusia Bugis, Makassar, Mandar, Toraja. Makassar: Pustaka Refleksi.

Hasanah, M. (2022). IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS.

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368

Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2020). Implementasi Pembinaan Karakter Religius Berbasis Kearifan Local Maja Labo Dahu Pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Kabupaten Bima. 4(3).

Juma, D. (2014). Suku bugis pewaris keberanian leluhur. Makassar: Arus Timur Enak dibaca dan Berkah.

Kartono, K. (2014). Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (n.d.). https://www.kpai.go.id.

Lickona, T. (2012). Education For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. Jakarta: Bumi Aksara.

Liputan6. (n.d.). [Liputan6.com]. https://www.liputan6.com.

Masnur, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mujiburrahman, M. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER SISWA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI ACEH. Proceedings of International Conference on Islamic Studies, 01.

Ruyadi, Y. (2019). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN BUDAYA LOKAL (Penelitian terhadap Masyarakat Adat Kampung Benda Kerep Cirebon Provinsi Jawa Barat untuk Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah).

Sarwono. S. W., Sarwono. S. W. (1995). Teori-teori psikologi sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Subaedah, S., Banna, A., Abdullah, N., & Multazam, A. M. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Konstruktivis Berbasis Ugi (Siri ’Na Pesse) untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Education and Learning Journal, 2(1), 57. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i1.94

Subawa, P., & Mahartini, K. T. (2020). ISSN: 2722-6638 KONSENTRIS PARADIGMA PENDIDIKAN KARAKTER THOMAS LICKONA PADA SEKOLAH. 1(2).

Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Willis, S. S. (2014). Remaja dan masalahnya: Mengupas berbagai bentuk kenakalan remaja narkoba, free sex dan pemecahannya (Cetakan 5). Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 119 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats