MENGOPTIMALKAN DUKUNGAN SIBLING DARI ABK MELALUI SIBLING TALK

St. Hadjar Nurul Istiqamah(1), Yusfitri Nursyahwalny Mangarengi(2*), Yuni Kartika(3), Ghaisani Ashiilah Muhlis(4), Rina Fitrianti(5),

(1) Makassar State University
(2) Makassar State University
(3) Makassar State University
(4) Makassar State University
(5) Makassar State University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v2i2.62691

Abstract


Kehadiran anggota keluarga yang memiliki kebutuhan khusus membawa konsekuensi dan situasi yang memerlukan perhatian khusus tersendiri pada setiap elemen keluarga. Seyogyanya, setiap komponen keluarga baik orang tua maupun saudara memiliki tanggung jawab khusus dalam memastikan bahwa individu berkebutuhan khusus memiliki dorongan, motivasi dan fasilitas untuk menjalani kehidupannya. Meskipun penting untuk keluarga memberikan perhatian khusus pada ABK, dukungan juga perlu diberikan kepada sibling untuk mencegah gangguan psikososial yang kemungkinan timbul. Oleh karena itu, diperlukan pengoptimalan dukungan sibling dari ABK melalui sibling talk guna mengetahui dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi sibling dalam menjalankan perannya sebagai sibling ABK. Kegiatan dilaksanakan di Sentra Wirajaya Makassar yang diawali dengan menghimpun subjek, dimana subjek sasaran kegiatan ini adalah para sibling dari ABK yang bersedia berpartisipasi. Setelah pendaftaran, diperoleh sebanyak 6 partisipan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Konseling Kelompok menggunakan media kartu Points of You untuk mengungkapkan perasaan melalui kartu bergambar. Kegiatan dievaluasi menggunakan wawancara langsung terkait perasaan sibling ABK sebelum dan sesudah kegiatan dilaksanakan. Hasilnya dapat diketahui bahwa para sibling dari ABK dapat menerima kondisi dari saudaranya yang berkebutuhan khusus. Meskipun pada awalnya sebagian dari mereka masih sulit menerima keadaan, merasa tertekan karena keterbatasan dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan masih merasa malu dengan kondisi saudaranya. 

Keywords


Keluarga, Saudara Kandung, Dukungan, Anak Berkebutuhan Khusus, Sibling

Full Text:

PDF

References


Adelia, H., Agustini, N. & Wanda, D. (2023). Intervensi dan Dukungan Terhadap Psikososial Sibling Anak dengan Penyakit Kronis. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(2), 1767-1778. https://doi.org/10.31539/jks.v6i2.5734.

Ambarwaty, M. F. (2018). Regulasi Emosi pada Remaja yang Memiliki Saudara Kandung Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) (Doctoral dissertation, Program Studi Psikologi FPSI-UKSW).

Amelasasih, P. (2018). Resiliensi orangtua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus. Psikosains: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi, 11(2), 72-81.

Annisa, F. E., Octavia, I. A. & Adiyanti, M. G. (2022). Tumbuh Bersama Saudara Kandung Autism Spectrum Disorder (ASD): Pemaknaan Sibling Relationship Pada Remaja. Jurnal Psikologi Islam: Al-Qalb, 13(10), 39-51.

Deniz, S. & Karabulut, R. (2022). Difficulties, Benefits and Recommendations of Mainstreaming Practices. Education Quarterly Reviews, 5(2).

Hall, S. A., & Rossetti, Z. (2018). The roles of adult siblings in the lives of people with severe intellectual and developmental disabilities. Journal of Applied Research in Intellectual Disabilities, 31(3), 423–434. https://doi.org/10.1111/jar.12421.

Hanvey, I., Malovic, A. & Ntotis, E. (2022). Glass Children: The Lived Experiences of Siblings of People with a Disability or Chronic Ilness. Journal of Community & Applied Social Psychology, 32(5). 936-948. https://doi.org/10.1002/casp.2602.

Hayden, N.K., Hastings, R. P. & Bailey, T. (2023). Behavioural Adjustment of Children with Intellectual Disability and Their Sibling is Associated with Their Sibling Relationship Quality. Journal of Intellectual Disability Research: JIDR, 67(4), 310-322. https://doi.org/10.1111/jir.13006.

Iryna, K. & Liudmyla, O. (2022). The Issue on Classification of Needs of Families Raising Children with Special Needs (Systematic Approach). Collection of Research Papers “Problems of Modern Psychology”, (56). https://doi.org/10.32626/2227-6246.2022-56.

Lunanta, L. P. & Duriana, Y. (2017). Pelatihan Empowering Saudara Kandung dari Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Psikologi Talenta, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.26858/talenta.v3i1.13057

Naibaho, S. T., Victoriana, E., & Tjoeng, N. T. (2017). Studi Deskriptif mengenai Sibling Relationship pada Remaja dengan Saudara Spektrum Autisme. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 103. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.419

Nur, H., & Zainuddin, K. (2023) Tantangan Dan Kesulitan Sibling Dari Individu Berkebutuhan Khusus. Jurnal Sipakalebbi. 7(2), 164-180.

Nurhidayah, I., Hendrawati, S. & Anggia, Y. (2020). Kualitas Hidup Sibling Anak dengan Autis. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(2), 661-671. https://doi.org/10.31539/jks.v3i2.1033.

Plavcak, D. (2023). The Families of Special Needs Children from The Perspective of Vulnerability. Study Paper National Education Institute of Slovenia. https://doi.org/10.26529/cepsj.1523.

Pursitasari, I. & Allenidekania. (2019). Family Support for The Independece of Children with Special Needs for Self-Care: Literature Review. Indonesian Journal of Disability Studies (IJDS), 6(1), 64-72.

Rosenthal, E., Gillette, S. F. & DuPaul, G. J. (2021). Pediatric Siblings of Children with Special Health Care Needs: Well-Being Outcomes and The Role of Family Resilience. Children’s Health Care, 50(4), 425-465. https://doi.org/10.1080/02739615.2021.1933985.

Shivers, C. M., Deisenroth, L. K. & Taylor, J. L. (2013). Patterns and Predictors of Anxiety among Siblings of Children with Autism Spectrum Disorders. J Autism Dev Disord, 43(6). 1336-1346. 10.1007/s10803-012-1685-7.

Tyerman, E., Eccles, F. J. R. & Ikizer, G. (2019). Siblings Experiences of Their Relationship with a Brother or Sister with a Pediatric Acquired Brain Injury. Disability and Rehabilitation, 41(24), 2940-2948. https://doi.org/10.1080/09638288.2018.1482506.

Victor, I. N., Hartanti & Elisabeth, M. P. (2021). The Dynamics of Sibling Relationships With a Down Syndrome Child. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 8(1). 99-106.

Villaescusa, M., Rueda, N. M. & Fernandez, A. (2021). Support for Families of Youths and Adults with Intellectual Disabilities: Contributions of a Program from Families’ and Specialiast’ Perspective. Education Sciences, 11(88). https://doi.org/10.3390/educsci11020088.


Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 St. Hadjar Nurul Istiqamah, Yusfitri Nursyahwalny Mangarengi, Yuni Kartika, Ghaisani Ashiilah Muhlis, Rina Fitrianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.