IDENTIFIKASI IDE BISNIS DAN PELUANG USAHA: PENGEMBANGAN KEMAMPUAN AWAL WIRAUSAHA PADA SISWA MAN POLEWALI MANDAR

Hilwa Anwar(1), Rahmawati Syam(2*), Amirah Aminanty Agussalim(3), Lukman Lukman(4), Abdul Rahmat(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v2i3.61862

Abstract


Ide bisnis dan peluang usaha merupakan langkah awal yang dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan calon pelaku wirausaha sebelum memulai kegiatan usaha.Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyrakat ini adalah memberikan pengetahuan kepada mitra dalam hal ini siswa kelas XII MAN Polewali terkait tahapan mengidentifkasi ide bisnis menjadi peluang usaha. Metode yang digunakan adalah psikoedukasi aktif dengan menggunakan beberapa teknik yakni ceramah, menonton video, bermain, simulasi, dan diskusi. Jumlah mitra yang mengikuti kegiatan ini adalah 38 orang yang terdiri dari siswa dan siswi. Kegiatan psikoedukasi dibawakan oleh dua orang narasumber yang menyajikan materi terkait ide bisnis dan peluang usaha. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman pada 50% peserta psikoedukasi. Hasil observasi selama berjalannya kegiatan, seluruh siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dibuktikan dengan keterlibatan aktif peserta dimulai dari kegiatan ceramah, diksusi, simulasi, games berkelompok maupun sesi tanya-jawab. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah pemberian psikoedukasi dapat bermanfaat bagi para mitra. Implikasi dari pengabdian ini, diharapkan pada pihak sekolah untuk mengajak mitra mempraktikkan hasil dari kegiatan ini, sehingga semakin banyak pelaku wrausaha yang berhasil menjalankan usahanya.

Keywords


Ide bisni; peluang usaha; psikoedukasi

Full Text:

PDF

References


Himpsi. (2010). Kode Etik Psikologi Indonesia.

Muis. I., Usma, M., Hasyim, S.H., Anwar, H., Lukman, Irfan, Djangi, M.J., Syam, R., Diyahwati, Farid, M. dan Husain, H. (2015). Modul Kewirausahaan. Pusat Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar.

Natasubagyo, O. S., & Kusrohmaniah, S. (2019). Efektivitas Psikoedukasi untuk Peningkatan Literasi.INOVASI : Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, Vol. 1, No.2, 2021 Depresi. Gadjah Mada Journal Of Profesional Psychology, 5(1), 36–35.

Ni’matuzaroh. (2019). Aplikasi Psikologi di Sekolah: Teori dan Praktik dalam Memahami MasalahMasalah di Sekolah. Malang: UMM Pres

Noviyanti, Irman Ari, dan Lisnawati.(2019). Perbedaan Psikoedukasi ‘Tapis’ Melalui Metode Latihan Gugus Tegas dan Persentasi Terhadap Pengetahuan Internet Sehat dan Aman Pada Orangtua 89–105.

Rinaldi, M. R., & Hardika, J. (2022). Psikoedukasi Antisipasi Stres Akademik Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Seminar Daring. Jpkmi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 3(3), 230- 238.https://Doi.Org/10.36596/Jpkmi.V3i3.434

Saputri, H. (2015). Pengaruh motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha melalui prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kraksaan (Skripsi (Sarjana)-- Universitas Negeri Malang, 2015). : Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Tata Niaga .

Yusuf, A. (2011). Rahasia Dapat Modal Dan Fasilitas Dengan Cepat Dan Tepat. Gramedia Pustaka Utama

Wibowo, B., & Kusrioanto, A. (2010). Menembus Pasar Ekspor, Siapa Takut. PT Elex Media Komputindo.


Article Metrics

Abstract view : 9 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahmawati Syam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.