Psikoedukasi Pencegahan Bullying Di UPT SPF SMPN 6 Kota Makassar

Amirah Aminanty Agussalim(1), Eka Sufartianinsih Jafar(2), Bella Annisa Ramadhani(3), Caecilia Febrianne Pagasing(4*), Fadila Annisa Haq(5), Fahra Rabiah Al-Adawiah Khidri(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v2i3.58809

Abstract


Peningkatan tingkat kekerasan di kalangan pelajar menjadi sesuatu yang tidak dapat diabaikan, mengingat perluasan pengamatan terhadap pemeliharaan nilai-nilai budaya di lingkungan masyarakat, sekolah, pertemanan, dan keluarga. Salah satu bentuk kekerasan yang sering terjadi di kalangan siswa adalah bullying. Sementara itu, laporan kasus kekerasan pada kalangan pelajar di Kota Makassar yang telah diterima oleh UPTD PPA Kota Makassar hingga bulan Oktober 2023 mencatat satu kejadian. Meskipun hanya ada satu kasus yang dilaporkan, hal ini tidak menutup kemungkinan adanya banyak kejadian bullying lain yang terjadi namun tidak dilaporkan. Bullying tersebut umumnya terjadi di lingkungan sekolah. Dampak dari bullying dapat merugikan perkembangan dan pertumbuhan anak, baik sebagai korban maupun pelaku tindakan bullying. Bullying dapat memengaruhi hubungan pelaku dengan teman sebaya, termasuk pola interaksi dan komunikasinya. Selain itu, bullying dapat menjadi faktor yang signifikan dalam meningkatkan risiko trauma yang dialami di kalangan pelajar. Tujuan kegiatan Psikoedukasi ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan mengenai bullying bagi siswa UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu psikoedukasi yang disusun dalam bentuk penyajian materi, simulasi peran (role-play), serta sesi diskusi dan tanya jawab. Para siswa juga diminta untuk mengisi pre-test dan post-test. Hasil post-test menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam skor dibandingkan dengan sebelum penyuluhan dilakukan.


Keywords


Psikoedukasi; Bullying; Siswa

Full Text:

PDF

References


Asmita, A., & Ahmad, M. R. S. (2018). Korban Bullying Di SMA Negeri 2 Makassar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 40-44

Aswat, H., Kasih, M., Ode, L., Ayda, B., & Buton, U. M. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Bentuk Perilaku Bullying Di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9105–9117.

Damayanto, A., Prabawati, W., & Jauhari, M. N. (2020). Kasus Bullying pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(2), 104. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p104-107

Dewi, E. N., & Prihartanti, N. (2016). Resiliensi Anak Korban Bullying Di Sekolah (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Fitriani, R., Hidayati, R. N., Apriani, I. D., & Zulkifli, M. (2017). I Positive Untuk Mengurangi Inferiority Feeling. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 6(2), 42-49.

Firdaus, P. M., & Nursalim, M. Penerapan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Menangani School Refusal Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Lamongan.

Hidayatullah, M., Ahda, A. Z., Aziza, E. N., Hairina, Y., & Mulyani, M. (2022). Psikoedukasi untuk meningkatkan pemahaman tentang bullying pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah Banjarmasin. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 61-70.

HIMPSI. (2010). Kode Etik Psikologi Indonesia. Jakarta. Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia

Hopeman, T. A., Suarni, K., & Lasmawan, W. (2020). Dampak Bullying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar). Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 52–63.

Nurcahyo, B., & Riskayanto, R. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image Dan Aktifitas Word Of Mouth (WOM) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 14-29.

Nurhidayat, D. (2023, October 9). KPAI Catat 2.355 Kasus Kekerasan di Sektor Pendidikan dari Januari-Agustus 2023. Media Indonesia. Retrieved December 22, 2023, from https://mediaindonesia.com/humaniora/619770/kpai-catat-2355-kasus-kekerasan-di-sektor-pendidikan-dari-januari-agustus-2023

Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1245–1251. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V9i3.5400

Petrosino, A., & Guckenburg, S. (2010). What characteristics of bullying, bullying victims, and schools are assocated with increased reporting of bullying to school officials. Issues &, 0, 1–38. http://wyomingdropoutprevention.org/wp- content/uploads/2010/09/Characteristics-of-bullying.pdf

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying Di Sekolah: Kurangnya Empati Pelaku Bullying Dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237-246.

Sakban, A & Sahrul. (2019). Pencegahan Cyber Bullying di Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Santoso, S. (2015). Menguasai Statistik Parametik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tirmidziani, A., Farida, N. S., Lestari, R. F., Trianita, R., Khoerunnisa, S., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Upaya Menghindari Bullying Pada Anak Usia Dini Melalui Parenting. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(1), 59–65. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.239

Tumon, M. B. A. (2014). Studi Deskriptif Perilaku Bullying Pada Remaja. Calyptra, 3(1), 1-17.

Yuliani, S., Widianti, E., & Sari, S. P. (2018). Resiliensi Remaja Dalam Menghadapi Perilaku Bullying. Jurnal keperawatan BSI, 6(1).

Zakaria, A. F. (2016). Studi Tentang Upaya Guru IPS Dalam Mengembangkan Perilaku Prososial Dan Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Di SMP (Studi Kasus Pada Guru IPS SMP PGRI 1 Jatinangor Kab. Sumedang Jawa Barat). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 117-123.


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Amirah Aminanty Agussalim, Bella Annisa Ramadhani, Caecilia Febrianne Pagasing, Fadila Annisa Haq, Fahra Rabiah Al-Adawiah Khidri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.