PENERAPAN SHARING SESSION DAN ACTIVE LISTENING SEBAGAI UPAYA MANAJEMEN BURNOUT PADA DRIVER DI PERUSAHAAN ANUGERAH TANGKAS TRANSPORTINDO (ATT) GROUP

Yulfikasari Linggi Bandaso(1*), Ahmad Ridfah(2), Widyastuti Widyastuti(3), Kartika Cahyaningrum(4),

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v2i2.58746

Abstract


Perusahaan logistik merupakan perusahaan yang menyediakan layanan jasa yang mencakup setiap aktivitas pada rantai distribusi fisik. Anugerah Tangkas Transportindo (ATT) Group merupakan grup perusahaan yang menyediakan one-stop total logistics solution yang mana ahli dalam bidang transportasi dengan menyediakan logistik yang dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan lingkungan bisnis yang menuntut saat ini. Berdasarkan hasil analisis beban kerja menggunakan metode full time equivalent pada PT Anugerah Tangkas Transportindo, driver setiap hari kerja bekerja 12 jam per hari sehingga dalam seminggu driver bekerja lebih dari 54 jam. Dalam bidang logistik, khususnya driver pada umumnya mengalami kelebihan beban kerja. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini adalah melakukan analisis beban kerja menggunakan metode full time equivalent (FTE) terlebih dahulu. Tujuan pengabdian ini adalah sebagai manajemen burnout pada driver dengan adanya kegiatan sharing session dan active listening di PT Anugerah Tangkas Transportindo (ATT) Group. Kegiatan sharing session dan active listening ini terdiri dari lima sesi yaitu, 1) Sesi reminder terkait absen, pekerjaan, dan aturan perusahaan; 2) Sesi perkenalan karyawan baru; 3) Sesi psikoedukasi mengenai kebersyukuran di tempat kerja; 4) Sesi diskusi; 5) Sesi kultum mengenai bersyukur kepada Allah SWT. Kegiatan ini diikuti oleh 21 driver di bandara Soekarno-Hatta. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner kepuasan driver, driver merasa puas dengan kegiatan yang dilakukan. Dengan demikian, keseluruhan kegiatan yang dilakukan efektif untuk menurunkan burnout pada driver PT Anugerah Tangkas Transportindo (ATT) Group.


Keywords


sharing; active listening; burnout; driver

Full Text:

PDF

References


Anwar, H., Adnyana, I. G. D., Azizah, N., & Salsabila, M. A. (2023). Analisis jabatan untuk memahami peran dan tanggung jawab karyawan di pt baruga asrinusa development. Jurnal Kebajikan: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 72–77. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jk.v2i1.48424

Bakhtiar, Syarifuddin, & Putri, M. P. (2021). Pengukuran beban kerja dengan metode full time equivalent dan penentuan jumlah tenaga kerja efektif menggunakan workload analysis. Journal of Industrial Engineering and Operation Management, 4(1), 5–9. https://doi.org/10.31602/jieom.v4i1.5332

Bakker, A. B., & Costa, P. L. (2014). Chronic job burnout and daily functioning: A theoretical analysis. Burnout Research, 1(3), 112–119. https://doi.org/10.1016/j.burn.2014.04.003

Jackson, S. E., Schwab, R. L., & Schuler, R. J. (1986). Toward an understanding of the burnout phenomenon. Journal of Applied Psychology, 71(40).

Kementrian RISTEK-DIKTI RI. (2018). Permen RISTEK-DIKTI Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pedoman Analisis Beban Kerja Jabatan Pelaksana di Lingkungan Kementerian RISTEK-DIKTI. Kementrian RISTEK-DIKTI RI.

Marisa, P. A. A., & Utami, L. H. (2021). Kontribusi stress kerja dan hardiness pada burnout pekerja. Jurnal Psikologi Integratif, 9(1), 29. https://doi.org/10.14421/jpsi.v9i1.2077

Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job Burnout (Vol. 52). Annual Review of Pyschology.

Puspitasari, D. A., & Handayani, M. M. (2014). Hubungan tingkat self-efficacy guru dengan tingkat burnout pada guru sekolah inklusif di Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(1), 59–68.

Soewondo, S. (1993). Stress Kerja dalam Era Pembangunan. Fakultas Psikologi UI.

Wardhani, C. A., Sugianto, A., & Hermana, B. (2020). Pengaruh kualitas layanan logistik, kepuasan pelanggan, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan jasa logistik menggunakan structural equation model. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 8(1). https://doi.org/10.24912/jitiuntar.v8i1.5761


Article Metrics

Abstract view : 13 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yulfikasari Linggi Bandaso, Ahmad Ridfah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.