PELATIHAN INTERAKSI DENGAN TEMAN SEBAYA UPAYA MENURUNKAN TINGKAT BULLYING PADA SISWA SD NEGERI 112 PACCIRO

Lula Muchlisya Ramadhani(1*), M Ahkam Alwi(2), Astiti Tenriawaru(3), Abdul Rahmat(4), Nurfajriyanti Rasyid(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v2i2.58181

Abstract


Pendidikan dasar di Indonesia adalah salah satu yayasan untuk nantinya menuju jenjang pendidikan selanjutnya yang seharusnya berperan dalam membentuk suatu yayasan yang kuat berkaitan dengan karakter maupun kepribadian peserta didik. Namun jika fondasi dalam meletakkan dasar-dasar pendidikan yang berdampak pada pembentukan karakter serta kepribadian anak itu tidak kuat, nantinya anak akan mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif seperti halnya bullying. Bullying merupakan salah satu bentuk agresif dengan mewujudkan perilaku yang tidak sopan, mengungkapkan seksual, bentuk kekerasan, memaksa orang lain ataupun memaksa terhadap orang lain untuk melakukan kejahatan yang dilakukan secara berulang kali. Psikoedukasi ini dilakukan dengan tujuan agar memberikan edukasi kepada peserta didik mengenai bagaimana cara agar dilingkungan mereka tidak lagi terjadi bullying. Partisipan berjumlah 26 orang siswa dengan 15 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Hasil dari psikoedukasi ini yaitu siswa mendapatkan tambahan berupa pengetahuan mengenai cara berteman dan berinteraksi dengan baik, cara menanggapi teman-teman sebayanya dengan baik agar tidak menimbulkan perilaku bullying.

Keywords


Psikoedukasi; Bullying; Siswa

Full Text:

PDF

References


Ahkam, M. A., & Fakhri, N. (2017). Bullying Pada Siswa Sma. Jurnal Psikologi TALENTA, 2(2), 10. https://doi.org/10.26858/talenta.v2i2.13203

Alwi, M. A., Suminar, D. R., & Nawangsari, N. A. F. (2020). Support Related to Schools and School Well-Being: Self Esteem as Mediator. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i2.42869

Al Khumaero, L., & Arief, S. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar, Dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 698-710.

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung. Remaja Rosdakarya

Faidin, N. (2019, September). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri I Palibelo. In Seminar Nasional Taman Siswa Bima (Vol. 1, No. 1, pp. 264-270).

Hasbi, F. I., & Alwi, M. A. (2022). Kontribusi Dukungan Sosial terhadap Hardiness pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Talenta Mahasiswa, 2(2), 92–101.

Kiswati, M. M. (2019). Kontribusi pendidikan orang tua, pendapatan orangtua, dan dukungan teman sebaya terhadap motivasi bekerja di luar negeri pada siswa sekolah menengah kejuruan. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 7(1), 34-45.

Kurniawan. Y. Sudrajat. A. (2017). Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2). https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.17641

Lukens, E. P., McFarlane, W. R. (2004). Psychoeducation as Evidence- Based Practice: Considerations for Practice, Research, and Policy. Brief Treatment and Crisis Intervention, 4 (3), 205-225.

Meilinda, N., & Alwi, M. A. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 2(3), e-ISSN 2807-789X.

Mulyana, N., Resnawaty, R., & K Basar, G. (2018). Peningkatan Kapasitas Teman Sebaya dalam Mencegah Bullying di Lingkungan Sekolah. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1–5. http://journal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19791

Parwata, K. Y. L., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Teman Sebaya, Orang Tua, dan Guru terhadap Masalah Belajar Anak Superior. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 1-11.

Primasari, N., Rizka Alhaq, Q., & Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jakarta III, J. (2022). Perilaku Teman Sebaya Meningkatkan Kejadian Bullying Pada Remaja. Jurnal Fisioterapi Dan Kesehatan Indonesia, 2(1), 2807–8020.

Renidayati, R. (2018). Prevensi Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Social Skill Training Dan Family Psycoeducation di Kota Padang. Jurnal Pembangunan Nagari, 3(2), 15-23. doi:10.30559/jpn.v3i2.100

Santrock, J. W. (2009). Piskologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika

Umami, U. R. (2017). Psikoedukasi Untuk Pembentukan Sikap Positif Orang Tua Dalam Pemberian Pendidikan Seks Pada Anak Usia 10-11 Tahun (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lula Muchlisya Ramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.