PELATIHAN INTERAKSI DENGAN TEMAN SEBAYA UPAYA MENURUNKAN TINGKAT BULLYING PADA SISWA SD NEGERI 112 PACCIRO
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v2i2.58181
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahkam, M. A., & Fakhri, N. (2017). Bullying Pada Siswa Sma. Jurnal Psikologi TALENTA, 2(2), 10. https://doi.org/10.26858/talenta.v2i2.13203
Alwi, M. A., Suminar, D. R., & Nawangsari, N. A. F. (2020). Support Related to Schools and School Well-Being: Self Esteem as Mediator. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i2.42869
Al Khumaero, L., & Arief, S. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar, Dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 698-710.
Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung. Remaja Rosdakarya
Faidin, N. (2019, September). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri I Palibelo. In Seminar Nasional Taman Siswa Bima (Vol. 1, No. 1, pp. 264-270).
Hasbi, F. I., & Alwi, M. A. (2022). Kontribusi Dukungan Sosial terhadap Hardiness pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Talenta Mahasiswa, 2(2), 92–101.
Kiswati, M. M. (2019). Kontribusi pendidikan orang tua, pendapatan orangtua, dan dukungan teman sebaya terhadap motivasi bekerja di luar negeri pada siswa sekolah menengah kejuruan. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 7(1), 34-45.
Kurniawan. Y. Sudrajat. A. (2017). Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2). https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.17641
Lukens, E. P., McFarlane, W. R. (2004). Psychoeducation as Evidence- Based Practice: Considerations for Practice, Research, and Policy. Brief Treatment and Crisis Intervention, 4 (3), 205-225.
Meilinda, N., & Alwi, M. A. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 2(3), e-ISSN 2807-789X.
Mulyana, N., Resnawaty, R., & K Basar, G. (2018). Peningkatan Kapasitas Teman Sebaya dalam Mencegah Bullying di Lingkungan Sekolah. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1–5. http://journal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19791
Parwata, K. Y. L., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Teman Sebaya, Orang Tua, dan Guru terhadap Masalah Belajar Anak Superior. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 1-11.
Primasari, N., Rizka Alhaq, Q., & Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jakarta III, J. (2022). Perilaku Teman Sebaya Meningkatkan Kejadian Bullying Pada Remaja. Jurnal Fisioterapi Dan Kesehatan Indonesia, 2(1), 2807–8020.
Renidayati, R. (2018). Prevensi Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Social Skill Training Dan Family Psycoeducation di Kota Padang. Jurnal Pembangunan Nagari, 3(2), 15-23. doi:10.30559/jpn.v3i2.100
Santrock, J. W. (2009). Piskologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika
Umami, U. R. (2017). Psikoedukasi Untuk Pembentukan Sikap Positif Orang Tua Dalam Pemberian Pendidikan Seks Pada Anak Usia 10-11 Tahun (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Article Metrics
Abstract view : 24 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Lula Muchlisya Ramadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar
Office:
Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baru. Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.