EDUKASI SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI TINGKAT STRES KERJA PADA GURU DI SD NEGERI PANNARA

Rezky Fausiah Nur(1*), Wardah Wardah(2), Astiti Tenriawaru Ahmad(3), Nurfajriyanti Rasyid(4), Amirah Aminanty Agussalim(5),

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah
(3) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v2i2.58023

Abstract


Dalam proses belajar-mengajar, pendidik dan tenaga kependidikan mempunyai peranan penting dalam membentuk karakter bangsa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai yang diinginkan. Dilihat dari aspek pembelajaran, peran guru dalam budaya Indonesia mengambil tempat yang dominan. Menjadi seorang pendidik tidaklah mudah dengan memiliki tanggung jawab besar membuat para tenaga pendidik mudah stress, sehingga diadakanlah Psikoedukasi ini. Psikoedukasi adalah modalitas tindakan yang dipimpin profesional yang menggabungkan intervensi pendidikan dan psikoterapi. Adapun tujuan dari Psikoedukasi ini adalah agar para guru wali kelas maupun guru bidang studi mengetahui penyebab stress dan juga bagaimana cara pengelolaan stress, yang mungkin terjadi selama berjalannya proses belajar-mengajar. Edukasi ini menyasar pada guru yang aktif mengajar di SD Negeri Pannara, baik wali kelas maupun guru bidang studi yang secara keseluruhan berjumlah Sembilan belas orang. Psikoedukasi ini dilakukan dalam satu hari yaitu dengan pemberian materi kemudian dilanjut dengan diskusi forum. Hasil dari pelaksanaan Psikoedukasi ini yaitu, partisipan mendapatkan manfaat berupa ilmu pengetahuan mengenai management stress serta dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari terutama pada saat melakukan proses belajar-mengajar.

Full Text:

PDF

References


Agyapong, B., Obuobi-Donkor, G., Burback, L., & Wei, Y. (2022). Burnout, Anxiety and Depression among Teacher : A Scoping Review. International Journal of Enviromental Research and Publich Health, 19(17). https://doi.org/10.3390/ijerph191710706.

Agyapong, B., Brett-MacLean, P., Burback, L., Agyapong, V. I. O., & Wei, Y. (2023). Interventions to Reduce Stress and Burnout among Teachers: A Scoping Review. International journal of environmental research and public health, 20(9), 5625.

https://doi.org/10.3390/ijerph20095625.

Cartwright, M.E. (2007). Psychoeducation among caregivers of children receiving mental health services. Dissertation. Ohio : Graduate School Of The Ohio State University

Cavanaugh, M. A., Boswell, W. R., Roehling, M. V., & Boudreau, J. W. (2000). An empirical examination of self-reported work stress among U.S. managers. The Journal of applied psychology, 85(1), 65–74. https://doi.org/10.1037/0021-9010.85.1.65.

Cnn Indonesia (2023). Jokowi Sebut Tingkat Stres Guru Tinggi : Hati-hati Pak Mendikbud. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231125124103-20-1028893/jokowi-sebut-tingkat- stres-guru-tinggi-hati-hati-pak-mendikbud. Diakses pada 8 Desember 2023.

Dave, D. J., McClure, L. A., Rojas, S. R., De Lavalette, O., & Lee, D. J. (2020). Impact of Mindfulness Training on the Well-Being of Educators. Journal of alternative and complementary medicine (New York, N.Y.), 26(7), 645–651. https://doi.org/10.1089/acm.2019.0451.

HIMPSI. (2010). Kode Etik Psikologi Indonesia. Jakarta: Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia.

Kyriacou, C. (2001). Teacher Stress : Direction for Future Research. Educational Review, 53(01), 27-

https://doi.org/10.1080/00131910120033628.

Maclach, C. (1986). Professionals in Distress : Issues, Syndrome and Solutions in Psychology.

Washington Dc USA : American Psychological Association.

Saliwarati. (2018). Smart Teaching Solusi Menjadi Guru Profesional. Jakarta : Bumi Aksara. Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Depok : Rajawali Pers


Article Metrics

Abstract view : 35 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rezky Fausiah Nur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.