PSIKOEDUKASI “MENUJU KARYAWAN YANG SAMI’NA WA ATHO’NA: STOP QUIET QUITTING,” PADA KARYAWAN SIT DARUL FIKRI MAKASSAR

Mardatus Sholihah(1*), Rahmawaty Syam(2), Luthfiah Ika Rahmayani(3), Syamsul Bakhri Gaffar(4), Novita Maulidya Djalal(5), Gunawan Jufri(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v2i1.56657

Abstract


Psikoedukasi merupakan salah satu bentuk edukasi yang diberikan kepada suatu kelompok masyarakat dengan tujuan memberikan informasi mengenai masalah psikologis untuk menambah pemahaman mereka. Psikoedukasi dalam studi ini terkait cara memanimalisir perilaku quiet quitting yang rentan terjadi pada karyawan. Quiet quitting merupakan fenomena karyawan tidak memiliki keinginan untuk melakukan pekerjaan tambahan dari pekerja lain yang disebabkan oleh tingginya tuntutan suatu organisasi. Fenomena quiet quitting menjadi tantangan bagi produktivitas organisasi dikarenakan menurunnya kinerja karyawan mampu mempengaruhi perkembangan organisasi.  Pemberian psikoedukasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait cara mencegah dan meminimalisasi perilaku quiet quitting pada diri sendiri. Metode psikoedukasi yang dilaksanakan yakni psikoedukasi non pelatihan berupa seminar, dilakukan secara tatap muka dan berlangsung selama 4 jam. Tahapan inti pelaksanaan psikoedukasi meliputi, persiapan, penyebaran pretest, pemberian materi, diskusi, dan games, pemberian posttest, dan penutup.  Psikoedukasi ini dilaksanakan pada sabtu, 2 desember 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 46 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan psikoedukasi yang dilakukan dapat memberikan informasi kepada peserta tentang cara meminimalisasi perilaku quiet quitting meliputi gambaran fenomena dan definisi quiet quitting, faktor dan penyebab quiet quitting, hingga cara mencegah dan meminimalisasi perilaku quiet quitting. Selanjutnya, pemberian psikoedukasi dianggap bermanfaat oleh para peserta. Para peserta psikoedukasi juga menganggap seminar yang dilaksanakan dikemas dengan materi yang menarik dan mudah dipahami.


Keywords


Psikoedukasi, Quite Quitting, Karyawan, Psikologi, Psikologi Industri

Full Text:

PDF

References


Formica, S., & Sfodera, F. (2022). The Great Resignation and Quiet quitting paradigm shifts: An overview of current situation and future research directions. Journal of Hospitality Marketing and Management, 31(8), 899–907. https://doi.org/10.1080/19368623.2022.2136601

Lu, M., Al Mamun, A., Chen, X., Yang, Q., & Masukujjaman, M. (2023). Quiet quitting during COVID-19: the role of psychological empowerment. Humanities and Social Sciences Communications, 10(1), 1–16. https://doi.org/10.1057/s41599-023-02012-2

Mahand, T., & Caldwell, C. (2023). Quiet quitting – Causes and Opportunities. Business and Management Research, 12(1), 9. https://doi.org/10.5430/bmr.v12n1p9

Nurmatin, F. L., Sutrisna, A., & Risana, D. (2023). Influence Of Compensation And Career Development On Employee Performance Tasco Minimart. Journal of Management …, 2(2), 77–88. https://jurnalunived.com/index.php/JMEA/article/view/128%0Ahttps://jurnalunived.com/index.php/JMEA/article/download/128/47

Supratiknya, A. (2008). Merancang Program dan Modul Psikoedukasi. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.

Syam, R., Zahwa, Auliyah, H., Dahlan, Gaffar, S. B., Lestari, M. D., & Arafah, M. (2023). Psikoedukasi Membangun Komunikasi Interpersonal untuk Lingkungan Kerja yang Positif di SIT Nurul Fikri Makassar. In AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(6), pp. 584—590.

Efendi, muhamad agus. (2023). Pengaruh burnout dan work-life balance terhadap Quiet quitting pada pekerja generasi milenial Di Kota Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/53293/

Pevec, N. (2023). The Concept of Identifying Factors of Quiet quitting in Organizations: An Integrative Literature Review. Challenges of the Future, Number 2, 128–147. https://doi.org/10.37886/ip.2023.006

Piara, M., Rhesa, M., Hamid, M. W., Sadzali, M., & Hasanuddin, I. (2022). Psikoedukasi Mengenai Quarter Life Crisis. In Pinisi Journal of Art, Humanity & Social Studies, 2(6), pp. 291—295.

Puspita, S. & Nurhalim, A. D. (2021). Pentingnya Analisis Kebutuhan Pelatihan untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. In JIKB: Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 12(2), pp. 104—110.


Article Metrics

Abstract view : 170 times | PDF view : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mardatus Sholihah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.