Pelatihan Penyusunan Rencana Karir Pada Siswa SMK Negeri 5 Makassar

Abdul Rahmat(1), St Hadjar Nurul Istiqamah(2), Muhammad Rhesa(3), Arina Fitrimahsha(4*), Cinta Khoirina Nisa Jusman(5),

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v2i1.53980

Abstract


Remaja SMK masih mengalami kebimbangan dan ketidaksiapan hingga stress dalam membuat keputusan karir yang tepat bagi masa depannya .Perencanaan karir dapat membantu memberi kesadaran terhadap peluang, kesempatan, kendala dan pilihan dengan mengidentifikasi tujuan yang berkaitan dengan karir, penyusunan program kerja, pendidikan serta pengalaman yang bersifat pengembangan dalam rangka meraih tujuan karir. Pelatihan penyusunan rencana karir adalah sebuah program psikoedukasi yang dikembangkan oleh tim pengabdian Fakultas Psikologi UNM. Tujuan dari pelatihan penyusunan rencana karir adalah untuk membantu siswa membuat rancangan kegiatan dalam upaya mempersiapkan karir serta memilih jalur dalam mencapai tujuan dimasa yang akan datang dengan berbagai langkah dan cara alternatif yang sudah ditetapkan. Metode yang digunakan dalam program ini adalah metode psikoedukasi berupa pelatihan yang berfokus memberikan didikan untuk menghadapi tantangan ataupun masalah-masalah dalam hidup individu. Hasil dari program pelatihan penyusunan rencana karir menunjukkan bahwa siswa kelas XII di SMK Negeri 5 Makassar mengalami peningkatan pemahaman dan penguasaan keterampilan dalam menentukan perencanaan karir kedepannya, hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil pretest dan posttest yang diberikan.

Full Text:

PDF

References


Alfitrah, R. S., & Taufik, T. (2021). The correlation between self-confidence with career planning at santri pesantren nurul yaqin ambung kapur Padang Pariaman. Jurnal Neo Konseling, 3(2), 68-74.

Atmaja, T. T. (2014). Upaya meningkatkan perencanaan karir siswa melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 57.

Bhakti, C. P., & Kurniawan, S. J. (2020, September). Konsep Psikoedukasi Berbasis Blended Learning bagi Remaja di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (pp. 52-60).

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.

Safitri, A., & Niko, P. F. (2018). Psikoedukasi Bimbingan Karier Siswa Pada Guru SMA Datuk Batu Hampar Pekanbaru.. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(1), 74-79


Article Metrics

Abstract view : 124 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arina Fitrimahsha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.