PROGRAM BK TALK’S: UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG ASPEK KECERDASAN DAN SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA SMA NEGERI 2 MAKASSAR

Abiyyu Arib Mahyiyuddin(1*), Maulia Fajrianti Parante(2), Mawaddah Nur Afifah(3), Zahra Ameylia(4), M Ahkam Alwi(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) 
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v1i4.49085

Abstract


Siswa harus dituntut untuk memiliki kesadaran, pemahaman, dan kemampuan dalam berperilaku etis. Siswa harus memiliki potensi kecerdasan yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spritual untuk pengembangan diri dikehidupan sehari-hari. BK Talk’s adalah sebuah program psikoedukasi yang dirancang oleh mahasiswa psikologi dan guru bimbingan konseling (BK) SMA Negeri 2 Makassar. BK Talk’s bertujuan untuk meningkat dan mengambangkan pemahaman siswa. Metode yang digunakan dalam program BK Talk’s adalah metode psikoedukasi. Metode psikoedukasi merupakan metode edukatif yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pelatihan yang berguna untuk mengubah pemahaman siswa melalui pemberian materi yang dilakukan oleh pemateri. Hasil dan program BK Talk’s dapat disimpukan bahwa siswa SMA Negeri 2 Makassar kelas X dan XI memiliki peningkatan pemahaman dengan baik tentang kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ), serta hubungan sosial.

Keywords


Siswa, BK Talks, Pemahaman.

Full Text:

PDF

References


Ahkam, M. A., Suminar, D. R., & Nawangsari, N. F. (2020). Kesejahteraan di sekolah bagi siswa sma: konsep dan faktor yang berpengaruh. Jurnal Psikologi TALENTA, 5(2), 143. https://doi.org/10.26858/talenta.v5i2.11738

Ahkam, M. A., & Arifin, N. A. I. (2017). Optimisme dan School Well-Being pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi TALENTA, 3(1), 2615–1731. https://doi.org/10.26858/talenta.v3i1.13182

Alwi, A., Suminar, D. R., & Nawangsari, N. F. (2021). Development and Validation of a Indonesian translate Brief Adolescents Subjective Wellbeing in School Scale. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 10(1), 91–103. https://doi.org/10.12928/jehcp.v10i1.18480

Alwi, M. A., & Fakhri, N. (2022). School well-being di Indonesia : Telaah Literatur. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 1(3).

Alwi, M. A., & Fakhri, N. (2022). School Well-Being Ditinjau Dari Hubungan Interpersonal. Pedagogika:Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 124–131. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue2year2022

Alwi, M. A., Suminar, D. R., & Nawangsari, N. A. F. (2020). Support Related to Schools and School Well-Being: Self Esteem as Mediator. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i2.42869

Bhattacharjee, D., Rai, A. K., Singh, N. K., Kumar, P., Munda, S. K., & Das, B. (2011). Psychoeducation: A measure to strengthen psychiatric treatment. Delhi Psychiatry Journal, 14(1), 33-39.

Brown, N. W. (2011). Psychoeducational Groups: Process and practice (3rd Ed.). New York: Brunner-Routledge.

Goleman, D. D. P. (1995). Emotional intelligence: Why it can matter more than IQ for character, health and lifelong achievement. Bantam Books.

Hamalik, & Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara.

Istiqomah, N., & Alwi, M. A. (2022). Seӏf-Esteem dan Subjective Weӏӏ-Being pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa Volume 2, No 2, Oktober 2022 e-ISSN 2807-789X.

Kleingeld, A., Mierlo, H., & Arends, L. (2011). The effect of goal setting on group performance: A meta-analysis. Journal of Applied Psychology, 96(6), 1289–1304.

Lukens, E. P., & McFarlane, R. W. (2004). Psychoeducation as evidence-based practice: Considerations for practice, research, and policy. Brief Treatment and Crisis Intervention, 4(3), 205-225.

McNamara, G. & O’Hara, J. (2008). The importance of the concept of self-evaluation in the charging landscape of education policy. Elsevier - Studies in Educational Evaluation, 34, 173-179.

Nasution,S. (1990). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar-Mengajar, Jakarta : Bina Aksara,

Natasubagyo, O. S., & Kusrohmaniah, S. (2019). Efektivitas Psikoedukasi untuk Peningkatan Literasi Depresi. Gadjah Mada Journal Of Profesional Psychology, 5(1), 36–35.

Ni’matuzaroh. (2019). Aplikasi Psikologi di Sekolah: Teori dan Praktik dalam Memahami Masalah- Masalah di Sekolah. Malang: UMM Press.

Soep (2009). Pengaruh intervensi psikoedukasi dalam mengatasi depresi postpartum di rsu dr. pirngadi medan. Tesis: Universitas Sumatera Utara.

Winkel,W.S. (1987). Psikologi Pengajaran Jakarta, Jakarta : Gramedia,

Zohar, D. & Marshall, I. (2001). SQ: Take advantage of spiritual intelligence in thingking integrative and holistic as the meaning of life. Mizan.


Article Metrics

Abstract view : 92 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abiyyu Arib Mahyiyuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.