Penerapan Teknik Self-Management Dalam Mengurangi Perilaku Terlambat Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga

Arifa Mulinkasari Sukur(1*), Rika Amalia Ruslan(2), Diah Alfiati(3), Nur Akmal(4),

(1) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(2) Fakulta Psikologi Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Psikokogi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v1i4.48585

Abstract


Sekolah merupakan Lembaga Pendidikan yang memiliki peraturan dan tata tertib yang wajib dipatuhi warga sekolah, salah satunya adalah datang tepat waktu. Namun, kenyataannya masih banyak siswa yang datang terlambat dengan berbagai macam faktor penyebab seperti kurangnya kemampuan untuk mengontrol lingkungan sekitar dan kesadaran akan tata tertib. Hal tersebut dapat dicapai apabila siswa memiliki self-management yang baik. Tujuan kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah untuk melihat penerapan teknik self-management dalam mengurangi perilaku terlambat siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dari tanggal 10 April sampai 22 Mei 2023 yang terbagi menjadi tiga tahap yaitu, observasi kondisi awal, pemberian intervensi dan observasi kondisi akhir. Sampel pada kegiatan pengabdian ini adalah dua orang siswa yang memiliki frekuensi keterlambatan paling tinggi. Hasil kegiatan pengabdian yang dilakukan, ditemukan bahwa arah grafik cenderung menurun saat diberikan intervensi dan setelah diberikan intervensi. Artinya, teknik self-management berpengaruh dalam mengurangi keterlambatan siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga. Siswa menjadi lebih sadar akan tata tertib dan juga mengontrol lingkungan sekitar.

Keywords


self-management; keterlambatan; siswa

Full Text:

PDF

References


Anyamene, A., & Anakwuba, C. A. (2022). Effect of Self-Management Technique on Late Coming Among Secondary Schools Students in Awka South Local Government Area, Nigeria. European Journal of Education Studies, 9(2), 148–158.

Astuti, A. D., & Lestari, S. D. (2020). Teknik Self Management untuk mengurangi perilaku terlambat datang di Sekolah. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 54.

Auliya. (2018). Teori Behavioral dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islam. Al- Taujih, 4(1), 61-75.

Blau, G. (1994). Developing and testing a taxonomy of lateness. Journal of Applied. Psychology, 79(6), 959-970.

Cuiccio, C. & Husby-Slater, M. (2018). Need assessment guidebook: supporting the development of district and school needs assessments. Washington: State Support Network.

Handayani, M. S., Wangid, M. N., & Julius, A. (2021). The impact of self-management techniques to improve university students’ social cognition. Islamic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 116–123.

Khairunisa, Yusuf, M., & Firman. (2022). Implementasi Teknik Self-management untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa S1. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur, 8(2), 150-163.

Komalasari, G., Wahyuni, & Karsih. (2016). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.

Latifah, L. (2019). Effectiveness of self management techniques to reduce truant students in middle school. Konselor, 8(1), 17-22.

Lestari, F. A., Nawantara, R. D., & Setyawati, S. P. (2022). Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 1(1), 157–165.

Mallisa F. C (2019). Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Siswa Di SMP Negeri 33 Makassar. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/25146/1/FEBRINA%20CHOTY%20MALLISA.pdf

Nakpodia, E. D. & Dafiaghor, F. K. (2011). Lateness A Major Problem Confronting School Administrators in Delta State, Nigeria. International Journal of Science and Technology Research, 2, 58-61.

Nisa, K., Wibowo, M. E., & Awalya, A. (2020). The Effectiveness of Behavioral Group Counseling with Self-Management and Reinforcement Techniques to Reduce Students’ Truancy. Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 13–17.

Nurhidayatullah, D., & AR, N. H. (2021). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kebiasaan Terlambat Siswa. KONSELING: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 83–88.

Ofoegbu, C.G. & Igbokwe, L.N. (2021). Efficacy of self-management technique in reducing lateness to school behaviour among secondary school students in Imo State. Journal of Guidance and Counselling Studies, 5(1), 192-200.

Oguzie, A.E. & Nwokolo, C.N. (2019). Effect of cognitive behavioural therapy on shyness among secondary school students in Aboh Mbaise local government area of Imo state. International Journal of Management, Social Sciences, Peace and Conflict Studies, 2(2), 1-9.

Oghuvwu, P.E. (2008). Absenteeism and lateness among secondary school students in Nigeria: Profiling causes and solutions. Academic Leadership:The Online Journal, 6(3), 34- 39.

Sa’diyah, H., Chotim, M., Triningtyas, D.F. (2016). Penerapan Teknik Self Management Untuk Meredukasi Agresifitas Remaja. Jurnal Ilmiah Counsellia, 6 (2), 67-78.

Shapira-Lishchinsky, O. (2007). Isreali teachers’ perceptions of lateness: A gender comparison. Sex Roles, 57, 187-199.

Swara, H. Y., Supardi, & Yulianti, P.D. (2020). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-management terhadap Prokrastinasi Akademik. Journal of Educational Research and Review, 3(1), 77-85.

Yustika, Thalib, S.B., & Latif, S. (2023) Penerapan Teknik Self-Management untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik di Sekolah Menengah Atas. Pinisi Journal Of Art, Humanity And Social Studies, 3(2), 150-163.


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arifa Mulinkasari Sukur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.