PELATIHAN REGULASI EMOSI SEBAGAI UPAYA EDUKASI MENCEGAH PERILAKU AGRESIVITAS PADA SISWA/I SEKOLAH DASAR SDI AR-RAAFI’ KOTA MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v1i4.48279
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, E. A., & Hendriani, W. (2023). Efektitvitas penggunaan strategi regulasi emosi ditinjau dari perbedaan gender: sebuah tinjauan literatur sistematis. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 6(2), 21-31.
Buss, A. H., & Perry, M. P. (1992). The aggression questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology, 63(3) 452-459.
Chen, H. (2016). A theoretic review of emotion regulation. Open Journal of Social Sciences, 4(1), 147-155
Elisabeth, M. P. (2007). Pendidikan karakter dan perilaku agresif siswa TK. Anima, Indonesian Psychological Journal, 22(3), 237-250.
Greenberg, L. S. (2002). Integrating an emotion focused approach to treatment into psychotherapy integration. Journal of Psychotherapy Integration, 12(2), 154- 189.
Harley, J. M., Pekrun, R., Taxer, J. L., & Gross, J. J. (2019). Emotion regulation in achievement situations:an integrated model. Educational Psychologist, 54(2), 106-126.
Irmayanti, R. (2017). Teknik bermain peran untuk meningkatkan regulasi emosi siswa SD. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 1(02), 1-9.
Kurniawan, W. (2019). Relationship between think positive towards the optimism of psychology student learning in Islamic university of riau. Nathiqiyyah, 2(1), 126-147.
Santrock, J.W. (2007). Life span development: Perkembangan masa hidup. Jakarta: Erlangga
Santoso, B. (2010). Skema dan mekanisme pelatihan: panduan penyelenggaraan pelatihan. Yayasan Terumbu Karang Indonesia.
Sari, D. S. P. (2022). Melatih Regulasi Emosi Pada Anak Pra Sekolah Dengan Bermain: Literature Review. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(1), 14-20.
Suprihatin, T. (2011). Agresivitas Anak (Suatu Studi Kasus). Jurnal Proyeksi, 6(1), 53-61.
Syahadat, Y. M. (2013). Pelatihan regulasi emosi untuk menurunkan perilaku agresif pada anak. Humanitas, 10(1), 19-35.
Thompson, R. A. (1994). Emotion regulation: a theme in search of definition. The Development of Emotion Regulation: Biological and Behavioral Considerations, 59(2), 25-52.
Royse, D., Tindall, M. S., Badger, K., & Webster, J. M. (2009). Needs Assesment. New York: Oxford University Press.
Yuliani, R. (2013). Emosi negatif siswa kelas XI SMAN 1 Sungai Limau. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 151-155.
Article Metrics
Abstract view : 296 times | PDF view : 74 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Anriani Anriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar
Office:
Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baru. Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.