PENGGUNAAN METODE DONGENG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA VERBAL ANAK USIA DINI DI UPT.PPRSA INANG MATUTU

Nabila Sekartaji Febriatika(1*), Eka Sufartianinsih Jafar(2),

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v1i2.39716

Abstract


Bahasa memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari anak sebagai sarana berpikir , mendengarkan, berbicara dan sarana agar anak mampu menulis dan membaca. Perkembangan bahasa anak dari tingkat yang sederhana menuju tingkat yang kompleks berkembang seiring tumbuh kembang anak. Lingkungan menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan anak. Pemerolehan bahasa anak didapatkan melalui interaksi sosial anak dengan orang dewasa. Berkaitan dengan perkembangan bahasa verbal anak, berdasarkan hasil pengamatan tingkat kempuan bahasa verbal anak usia dini di UPT PPRSA Inang Matutu masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan karena anak kurang jelas dan lancar dalam menyebutkan kata, serta masih merasa malu untuk berbicara. Peneliti menggunakan metode dongeng sebagai upaya pengembangan kemampuan bahasa verbal anak. Rancangan program metode dongeng ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa verbal anak. Melalui mendengar dongeng anak akan lebih mudah menerima penambahan kosakata baru. Sasaran dalam program ini adalah anak penerima manfaat kelas A yang berusia 4-5 tahun di UPT PPRSA Inang Matutu. Teknik pengumpulan data dalam program ini menggunakan metode observasi. Pelaksanaan program dilakukan sebanyak dua kali. Hasil observasi menunjukkan bahwa anak mengalami peningkatan kemampuan verbal bahasa yang signifikan setelah pemberian dongeng. Melalui rancangan program ini diharapkan menjadi alternatif untuk para pekerja sosial dalam peningkatan kemampuan bahasa verbal anak.


Keywords


Anak Usia Dini; Bahasa; Dongeng

Full Text:

PDF

References


Harahap, R. A. S. (2019). Membangun kecerdasan anak melalui dongeng rani astria silvera harahap. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 59-70.

Hidayah, N. A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Mendongeng di PAUD Darul Ma’Arif Cilegon-Banten. Seminar Nasional PAUD, 2017, 168–174. http://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/%0Ae-ISSN

Lamuningtyas, Y. A. (2012). Pemberian Dongeng Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakary.

Murdjito, G. (2012). Metoda Pengabdian pada Masyarakat.

Pebriani, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139–147. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25

Roointan, Z., & Mousavi, F. (2014). Investigation of the Influence of Teaching via Story-Telling on Verbal Intelligence and Vocabulary of Preschoolers (Case Study: Sar-Pol-Zahab City, 2013-2014). Journal of Applied Environmental and Biological Sciences, 4(12), 127–132.

Rozalina, F. A., & Muryanti, E. (2020). Mendongeng dengan Power Point dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistic Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 182–188.

Suhartono. (2005). Pengengmbangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Upton, P. (2012). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Wiyani, N. (2014). Psikologi perkembangan anak usia dini panduan bagi orang tua dan pendidik PAUD dalam memahami serta mendidik anak usia dini. Jakarta: Penerbit Gava Media.


Article Metrics

Abstract view : 185 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nabila Sekartaji Febriatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.