PENCEGAHAN SELF INJURY MELALUI KEGIATAN WEBINAR “SELF INJURY : WHAT SHOULD WE DO”

Fatima Azzahrah(1*), Andi Nasrawati Hamid(2),

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v1i2.39447

Abstract


Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Berdasarkan data Riskesda tahun 2008 sekitar 6,2% penduduk Indonesia atau setara dengan 11 juta remaja yang berada pada usia 15 tahun ke atas mengalami gangguan mental emosional yang ditunjukkan dengan gejala depresi dan kecemasan. Remaja mengalami gangguan mental di sebabkan oleh beberapa hal salah satunya selalu berfikiran negative. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Sayyidah menunjukkan bahwa penyebab remaja melakukan self harm untuk menyalurkan emosi negative yang dipendam. Self harm merupakan salah satu bentuk perilaku yang dilakukan seorang individu untuk mengatasi rasa sakit secara emosional, yang dilakukan secara sengaja tetapi individu tersebut tidak berniat melakukan bunuh diri. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program kerja ini yaitu metode pemberian edukasi kepada masyarakat dengan cara melakukan webiar menggunakan media Zoom Meeting. Pelaksanaan program kerja ini dilakukan pada tanggal 14 oktober 2022. Program kerja ini dimulai dari pukul 09.30 hingga 11.40. adapun tujuan dilaksanakannya program kerja ini  yaitu untuk memberikan pemahaman dan edukasi terkait self harm kepada masyarakat. Hasil yang didapatkan setelah melakukan program kerja ini yaitu peserta yang merasa sangat puas dengan kegiatan webinar yang dilakukan sebanyak 23 orang. Peserta yang merasa puas sebanyak 11 orang, dan peserta yang merasa kurang puas sebanyak 2 orang.

Keywords


Remaja; Self Harm; Webinar

Full Text:

PDF

References


Farida, H. (2021). Relevansi dan Fungsi Meluka Diri Sendiri Pada Mahasiswa. Jurnal Kedokteran Universitas Sebelas Maret, 190-198.

Hidayanti, K. B. (2016). Konsep diri, Adversity Quotient dan penyesuaian diri pada remaja. Jurnal Psikologi Indonesia, 137-144.

Khalifa, S. (2019). Dinamika Self Harm pada remaja. Jurnal Psikologi Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya, 116.

Swannell, S. V., Martin, G. E., Page, A., Hasking, P., & St John, N. J. (2014). Prevalence of nonsuicidal self-injury in nonclinical samples: systematic review, meta-analysis and meta-regression. Suicide & life-threatening behavior, 44(3), 273–303. https://doi.org/10.1111/sltb.12070


Article Metrics

Abstract view : 441 times | PDF view : 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fatima Azzahrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.