Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa KIP Kuliah

Sri Wahyuni Salman(1*), M Ahkam Alwi(2), Novita Maulidya Djalal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jtm.v3i3.51774

Abstract


Motivasi belajar adalah suatu dorongan atau daya tarik mahasiswa dalam menumbuhkan kesadaran untuk mencapai cita-citanya dengan meningkatkan gairah belajarnya di Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa KIP-Kuliah di Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 139 mahasiswa yang merupakan penerima KIP Kuliah di Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikan p = 0,14 (p<0,05) dan besar nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,208. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa KIP Kuliah di Fakultas Psikologi UNM. Nilai koefisien korelasi menunjukkan nilai positif yang berarti motivasi belajar dengan prestasi akademik saling berkorelasi positif. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap bidang psikologi khususnya bidang psikologi pendidikan dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa KIP Kuliah sehingga mampu menjadi mahasiswa yang berprestasi dengan beasiswa yang didapatkan.


Keywords


academic achievement; KIP Lecture students; learning motivation

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, D. N., & Rochmawati. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2(, 2033-2041. Https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2404

Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arrixavier, A. A., dan Wulanyani, N. M. S. (2020). Peran fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 7(1), 81–90.

Biatun, N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar PAI di MIN 3 Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 253–258.

Fianora, M. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Journal of Education on Social Science, 3(1), 34–46.

Hasanah, A. N. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(3), 388–396. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i3.4425

Hasibuan, M. T. D., Mendrofa, H. K., Silaen. S., dan Tarihoran, Y. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa yang Menjalani Pembelajran Daring Selama Pandemi Covid-19. Indonesian Trust Health Journal, 3 (2), 387-393.

Herawati, N. (2011). Pengaruh Metode Hypnoquantum Teaching terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Pamator, 4(1), 57–64.

Islamiyah, N. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi 2017 Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keungan, 3(1), 23–32. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n1.p23-32

Kristiani, E., dan Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 197–211.

Laila, N. N. (2019). Pengaruh Beasiswa Ppa Terhadap Motivasi Belajar. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah Jakarta.

Martono, N. (2012). Metode Penelitian Kuantatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawiali Pers.

Ompusunggu, H. E. S. (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen. Nommensen Journal of Medicine, 6(1), 32-35.

Pratiwi, N, P, T, W. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecerdasan Spiritual Pada Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi. Widya Akuntansi Dan Keungan Univesitas Hindu Indonesia, 1(2), 1–14.

Putri, N. R., Natalya, L., & Siaputra, I. B. (2022). Perbedaan Pola Korelasi antara Motivasi Akademik dan Prestasi Akademik Sebelum dan di Masa Pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3109-3119. Https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2545

Savira, L. A., Setiawati, O. R., Husna, I., dan Pramesti, W. (2021). Hubungan Stres dengan Motivasi Belajar Mahasiswa disaat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(1), 183–188. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i1.577

Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Utama, P. (2020). Pengaruh Intensitas Menghafal Al Qur’an Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Melalui Mediasi Stres Akademik Santri Di Pondok Pesantren. Jurnal Kewidyaiswaraan, 5(2), 12–25.

Wea, A. G., dan Adiwidjaja, I. (2018). Pengaruh Beasiswa Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (e-Journal), 7(1), 21–25. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/1439

Wibawa, E. A., Oktavianto, R., dan Susilowibowo, J. (2022). Faktor Determinan Hasil Pembelajaran Daring Mahasiswa: Peran Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Dan Regulasi Diri. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 32(1), 106–117. https://doi.org/10.23917/jpis.v32i1.18738

Yulika, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Sengkang. Journal Uin Aluddin Makassar, 8(2), 252–270.


Article Metrics

Abstract view : 16 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sri Wahyuni Salman, M Ahkam Alwi, Novita Maulidya Djalal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baru. Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.