Resiliensi dan Stres Akademik Mahasiswa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jtm.v3i1.46172
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiningsih, N. (2019). Gambaran stres akademik dan strategi koping pada mahasiswa keperawatan. Jurnal Ners dan Kebidanan, 6(2), 241-250.
Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan teknik sampling berdasarkan perhitungan efisiensi relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166-171.
Azzahra, A. (2020). Pengaruh menulis ekspresif terhadap tingkat stres mahasiswa.Jurnal Psikologi, 1(1) 1-7.
Bakhtiar, P. H., Razak, A., & Nurdin, M. N. H. (2022). Adversity quotient dan stres akademik pada mahasiswa skripsi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Sultra Educational Journal, 2(1), 10-17.
Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A Multidimensional Construct Measure. Journal Frontiers in Psychology, 7(1), 1-11
Darwis, N. M. (2020). Hubungan stres akademik dengan perilaku makan pada mahasiswa di kota makassar (Skripsi, Universitas Negeri Makassar).
Denovan, A., Macaskill, A., & Street, H. (2016). Stres , resilience and leisure coping among university students : applying the broaden- and-build theory Department of Psychology , Manchester Metropolitan University , Bonsall Street , Corresponding author : Andrew Denovan , Department of Psychology, M. 1–31.
Desmita. (2010). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Essel, G., & Owusu, P. (2017). Causes of students’ stres, its effects on their academic success, and stres management by students Title of thesis: Causes of students’ stres, its effects on their academic success.
Hasibuan, A. D. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi kebahagiaan belajar mahasiswa di masa pandemic covid-19. Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan. 10(1) 80-85 ISSN 2686-2859.
King, L., A. (2011). The science of psychology (2nd ed.). New York: McGraw-Hill.
Kumalasari, D., Luthfiyanni, N. A., & Grasiaswaty, N. (2020). Analisis faktor adaptasi instrumen resiliensi akademik versi indonesia: pendekatan eksploratori dan konfirmatori. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 9(2), 84-95, doi.org/10.21009/JPPP.092.06.
Kusumaningtyas, N. E., & Suminar, D. R. (2022). Self regulated learning dan stres akademik mahasiswa tahun ke-3 dan ke-4 saat pandemi. Jurnal Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 10(1), 1-12.
Leha, W., Razak, A., & Ridfah, A. (2022). Hubungan antara perfeksionisme dengan stres akademik pada mahasiswa. JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health, 3(2).
Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres akademik mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring selama masa pandemic covid19. Psikostudia Jurnal Psikologi, 10(1) 31-39, ISSN: 2657-0963.
Nindyati, A. D. (2020). Kecerdasan emosi dan stres akademik mahasiswa: peran jenis kelamin sebagai moderator dalam sebuah studi empiric di universitas paramadina. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi, 4(2), 127-134.
Oltmans, T. F., & Emery, R. E. (2013). Psikologi Abnormal (buku kesatu). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pertiwi, G. A. (2020). Pengaruh stres akademik dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik. Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 738-749.
Putri, N. G., Jumaini., & Woferst, R. (2022). Hubungan tingkat stres akademik dengan perilaku help seeking pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia,7(2), 16-22.
Razak, A., Alwi, M. A., & Piara, M. (2018). Efektivitas Pelatihan Konseling Al Qur’an dalam Meningkatkan Resiliensi Mahasiswa.
Rohmatillah, W., & Kholifah, N. (2021). Stres akademik antara laki-laki dan perempuan siswa school from home. Jurnal Psikologi, 8(1), 38-52.
Salamah, A., Suryani., & Rakhmawati, W. (2020). Hubungan karakteristik demografi dan resiliensi mahasiswa keperawatan yang sedang mengerjakan skripsi. Jurnal Psikologi, 16(2), 110-125.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence: perkembangan remaja, edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Santrock, J. W. (2007). Remaja, edisi kesebelas. Jakarta: Erlangga.
Sun, J., Dunne, M., Hou, Xiang-yu., & Xu, Ai-Qiang. (2011). Educational stres scale for adolescents: development, validity and reliability with chinese students. Journal of Psychoeducational Assesment, 29(6), 534-546.
Suwartika, I., Nurdin. A., & Ruhmadi, E. (2014). Analisis faktor yang berhubungan dengan tingkat stres akademik mahasiswa regular program studi DIII keperawatan Cirebon poltekkes kemenkes tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman, 9(3), 173-189.
Taylor, S. E., Peplau, L. A. & Sears, D, O. (2009). Psikologi sosial: edisi kedua belas. Depok: Prenadamedia Group.
Widyawati, R. P. (2017). Hubungan antara resiliensi dengan stres pada mahasiswa fakultas psikologi universitas muhammadiyah surakarta. Publikasi(Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Yusainy, C. (2019). Panduan riset eksperimental dalam psikologi. Malang: UB Press.
Article Metrics
Abstract view : 124 times | PDF view : 43 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Iluh Sri Agustini, Ahmad Razak, Novita Maulidya Jalal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar
Office:
Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baru. Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.