PENINGKATAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DENGAN METODE MENGAJAR PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VIII SMPS DARUL ULUM PANAIKANG

Agustina agustina(1*), Irvan Sir(2), ilham Kamaruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pengetahui peningkatan hasil belajar guling depan senam lantai melalui penerapan metode mengajar problem solving siswa kelas VIII SMPS Darul Ulum Panaikang tahun ajaran 2018/2019.penelitian ini dilaksanakan di SMPS Darul Ulum Panaikang dengan subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII-8 SMPS darul ulum panaikang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 34 siswa. Dalam penelitian aktivitas belajar siswa di peroleh melalui observasi dalam KBM sedangkan kemampuan guling kedepan senam lantai diperoleh melalui tes kemampuan setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan ; ( 1 ) pembelajaran dengan model pembelajaran problem solving memiliki dampak positif dalam meningkatkan penguasaan keterampilan berguling kedepan siswa yang di tandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu pada siklus pertama 50% naik pada siklus II 94% ; ( 2 ) pembelajaran dengan model pembelajaran problem solving memiliki dampak positif dalam meningkatkan aktivitas menurut pengamatan siklus I antara lain memperagakan 48%, bertanya sesama teman 23%,bertanya pada guru 17%, dan yang tidak relevan dengan KBM 12%. Sedangkan menurut pengamatan siklus II antara lain memperagakan 54%,bertanya sesama teman 24%,bertanya kepada guru 12%,dan yang tidak relevan dengan KBM 2%.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

........................... 2012 .Prosedur Penelitian. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Diajadisastra (http://www.depdiknas.go.id/jurnal/56/meto de.htm), diakses tanggal 11 juli 2019.

Djamarah dan Zein. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Gulo. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo.

Hamalik. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Musarif Musriadi (http://musriadi.olog. com/problem solving.oh 38521. html), diakses tanggal 11 Mei 2019.

Roji. 2015. Pendidikan Jasmani dan

Kesehatan. Jakarta : Erlangga.

Sadiman, Arif S. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.

Padimun. 2015. Diktat Strategi Belajar Mengajar. FE UNIMED.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta

Soeprapto. 2015. Permainan Metodik Buku

I. Bandung : Remaja Karya Afset. Sudjana. 2014. Model-Model Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Subrata. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 239 times | PDF view : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.