INTERAKSI SOSIAL PENGGUNA GADGET PADA SISWA SMAN 5 TANRALILI MAROS

Alma Lutfia(1*), Andi Agustang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Uiniversitas negeri makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana interaksi sosial pengguna gadget pada SMAN 5 Tanralili Maros. 2) Apa dampak pengguna gadget terhadap siswa SMAN 5 Tanralili Maros. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan Teknik purposive sampling, dengan kriteria penggunak aktif gadget. Jumlah informan sebanyak 9 orang siswa pengguna aktif gadget di SMAN 5 Tanralili Maros. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsana data menggunakan member check Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Adanya perbedaan interaksi sosial sebelum dan setelah menggunakan gadget, yakni sebelum terlalu aktif menggunakan gadget siswa masih sering berdiskusi, bermain, bercanda secara langsung atau tatap muka. Setelah penggunaan gadget yang sangat aktif dimulai dari dua tahun kemarin akibat pendemi Covid 19 interaksi tatap muka sangat lemah. 2). Terdapat dua dampak pengguna aktif gadget pada siswa yaitu positif dan negatif. Dampak positif yaitu mudahnya siswa dalam melakukan proses pembelajaran, menghilangkan jenuh, dan fungsi utamanya yaitu sebagai alat komunikasi jarak jauh. Sedangkan dampak negatif nya yaitu interaksi sosial secara langsung atau tatap muka menjadi lemah, membuangbuang waktu, anak cenderung suka menyendiri, dan anak menjadi pemalas.

Keywords


Interaksi sosial; Gadget; dan siswa

Full Text:

PDF

References


Detya, W., Anggi, Y. I., & Juan, F. (2019). PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP PERUBAHAN GAYA HIDUP PADA MASYARAKAT INDONESIA. In Search, 23–34.

Farrand, P., & Jeremiah, W. (2014). Tantangan Media Sosial Bagi Kaum Muda dan Tanggapan Gereja di Dalam Pelayanan Pastoral.

Ghifari, L. O. M. (2017). KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA. University of Muhammadiyah Malang.

Ilmiah, K. (2018). Adian, Donny Gahral.(2010). Pengantar Fenomenologi. Koekoesan. Aminah, S.(2019). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif Ilmu Politik. Cet. Ke-1. Jakarta: Kencana Prenada Group Aw, Suranto.(2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu. Burgin, Burhan.(2012). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media. Marriage, 6(4), 385–397.

Lestari, S. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanaman Konflik dalam Keluarga. Prenada Media.

Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 5(2).

Napitupulu, F. (2020). Sinterklas: Natal dalam Jerat Kapitalisme. Indigo Media.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja. Deepublish.

Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget sebagai sumber belajar mempengaruhi hasil belajar pada mata kuliah matematika dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 25–36.

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Pendidikan Indonesia. ISBN.

Syukur, M. (2018). Dasar-Dasar Teori Sosiologi. Rajawali Pers.

Syukur, M., Dharmawan, A. H., Sunito, S., & Damanhuri, D. S. (2016). Social Network of Bugis Weavers at Wajo Regency, South Sulawesi. KOMUNITAS: International Journal of Indonesia Society and Culture, 8, 155–168.

Tilong, A. D. (n.d.). 49 Aktivitas Pendongkrak Kinerja Otak Kanan & Kiri Anak. Laksana.

Turrohmah, A. (n.d.). Komunikasi Antarpribadi Tutor Dan Siswa Pada Lembaga Bimbingan Belajar Prestasi Cabang Kalimalang Jakarta Timur. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….

Umiarso, E., & Elbadiansyah, H. (2014). Interaksionisme Simbolik dari Era Klasik Hingga Modern. Jakarta: Rajawali Pers.

Wulandari, P. Y. (2016). Anak Asuhan Gadget. Dipetik Februari, 3, 2019.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi orangtua terhadap hadirnya era teknologi digital di kalangan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254–264.


Article Metrics

Abstract view : 60 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alma Lutfia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.