Persepsi Mahasiswa FIS-H UNM Tentang Proses Pembelajaran dengan Penggunaan Syam-Ok dimasa Pandemi Covid-19

Eka Safitri(1*), Supriadi Torro(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Persepsi mahasiswa FIS-H UNM tentang proses pembelajaran dengan penggunaan Syam-Ok dimasa pandemi covid-19, 2) Kendala dalam proses pembelajaran dengan penggunaan Syam-Ok dimasa pandemi covid-19 pada mahasiswa FIS-H UNM. Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling, dengan kriteria mahasiswa FIS-H UNM dan ketua himpunan pada setiap program studi di FIS-H UNM. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan member check. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi mahasiswa FIS-H UNM tentang proses pembelajaran dengan penggunaan Syam-Ok dimasa pandemi Covid-19 berdasarkan hasil penelitian adalah a) Mahasiswa paham dan tertarik akan akan adanya Syam-Ok, b) Syam-ok merupakan portal belajar online yang mudah dioperasikan, dan c) Hasil atau penilaian yang dianggap terbuka. 2) Kendala dalam proses pembelajaran dengan penggunaan Syam-Ok dimasa pandemi covid- 19 pada mahasiswa FIS-H UNM yaitu a) jaringan yang tidak mendukung, b) kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran, c) kualitas gadget (handphone) terhadap pembelajaran daring, dan d) portal belajar online yang sering down.

Keywords


Persepsi; Proses Pembelajaran; Syam-Ok

Full Text:

PDF PDF

References


Anhusadar, L. (2020). Persepsi mahasiswa PIAUD terhadap kuliah online di masa pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58.

Atqia, W., & Hendrawanto, Y. (2021). PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DALAM TIGA PERIODE PANDEMI COVID 19: PERSEPSI DOSEN DAN MAHASISWA. Aksentuasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 55–82.

Awaru, A. O. T. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 221–230.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta, Universitas Terbuka.

Bulan, S., & Zainiyati, H. S. (2020). Pembelajaran online berbasis media Google Formulir dalam tanggap work from home masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Paser. Syamil Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 15–34.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Hidayat, T. (2021). Persepsi mahasiswa tadris biologi semester vi dalam melaksanakan ujian akhir semester secara online pada mata kuliah bioetika islam di Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya. IAIN Palangka Raya.

Kinasih, A., Wibowo, C., & Telaumbanua, O. S. J. (2021). Keefektifan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Selama Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Kristen 1 Salatiga. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(11), 5449–5469.

Munir, M. (2010). Penggunaan learning management system (lms) di perguruan tinggi: studi kasus di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).

Panjaitan, D. H. W., Arif, M., & Falahain, M. (2022). Metodologi Pembelajaran Fiqih Berbasis Daring pada Mahasiswa S1 PAI Semester III di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tafhim Al-’Ilmi, 13(2), 250–267.

Pranata, E. (2021). Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Masa Pandemi (Covid-19) Pada Pt Madusari Nusaperdana Boyolali Praktek Kerja Lapang.

Proborini, E., & Herawati, R. (2021). Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Matematika. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 17–25.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Retnoningsih, E. (2017). Perbandingan learning management system edmodo dan moodle dalam pembelajaran online. Information System For Educators And Professionals: Journal Of Information System, 1(2), 221–230.

Torro, S. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Homeschooling Di Kota Makassar. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Wijaya, R., Lukman, M., & Yadewani, D. (2020). Dampak Pandemi Covid19 Terhadap Pemanfaatan E Learning. Jurnal Dimensi, 9(2), 307–322.


Article Metrics

Abstract view : 82 times | PDF view : 0 times PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eka Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.