Penerapan Model RME (Realistic Mathematics Education) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV UPTD SPF SD Negeri 184 Dare Ajue Kabupaten Soppeng

Yonathan Saba Pasinggi(1), Abdul Hakim(2), Radyah Purnama Chaesar(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.43289

Abstract


Abstrak: Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Bagaimana proses penerapan model RME (Realistic Education Mathematics) dalam meningkatkan proses belajar siswa tentang materi statistika pada siswa kelas IV UPTD SPF SD Negeri 184 Dare Ajue. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV UPTD SD Negeri 184 Dare Ajue yang berjumlah 15 Siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan.Fokus penelitian ini adalah fokus proses dan hasil belajar. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri 1 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data hasil penelitian pada siklus I dan II, diperoleh hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C), dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C) dan untuk siklus II menunjukkan bahwa proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B), dan hasil tes belajar siswa berada pada kualifikasi baik (B). simpulan pada penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang statistika siswa kelas V UPTD SPF SD Negeri 184 Dare Ajue.

 

Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik,,Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Andini Paramitha. 2016. Penerapan Model Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 32 Bawasalo Kecamatan Sigeri Kabupaten Pangkep. Skripsi.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahreza, F., & Husna, N. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik, 4(2), 36-48. 87.

Isrok’atun& Amelia Rosmala. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Bumi Aksara.

Ningsih, S. 2014. Reaalistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. JPM IAIN Antasari.

Pasinggi, Y. S., Tuken, R., & Jabba, R. (n.d). PKM Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar pada Guru-Guru UPTD SDN 46 Parepare. 515-516.

Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Citra Pesona Sejahtera.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulfemi, W. B., &Mayasari, N. 2019. Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbatuan Media Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53-68.

Sumirattana, S. 2017. “Using Realistic Mathematics Education and The DAPIC Problem Solving Process to Enhance Secondary School Students’ Mathematical Literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan tinggi.


Article Metrics

Abstract view : 126 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yonathan Saba Pasinggi, Abdul Hakim, Radyah Purnama Chaesar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks