Penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Asrul Sultan(1*), Nurjannah Nurjannah(2), Nur Afni mutmainnah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i2.38267

Abstract


: Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran scramble tentang sumber daya alam siswa kelas IV UPTD SD Negeri 14 Parepare dan apakah penerapan model pembelajaran scramble tentang tentang sumber daya alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SD Negeri 14 Parepare. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran scramble tentang sumber daya alam siswa kelas IV dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa tentang keberagaman sumber daya alam  kelas IV dengan penerapan model pembelajaran scramble. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada proses dan hasil belajar siswa tentang sumber daya alam dengan menerapkan model pembelajaran  scramble. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 16 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian proses pembelajaran observasi aktivitas guru berada pada kualifikasi baik (B) sedangkan observasi aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Sedangkan siklus II hasil penelitian proses pembelajaran observasi aktivitas guru dan siswa berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang sumber daya alam di kelas IV UPTD SD Negeri 14 Parepare.

 

 

Kata kunci: Model pembelajaran Scramble; Sumber daya alam; hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Handini, G. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 2 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7(2)

Subahti, A., & Halik, A 2021 Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Di Kota Parepare, 1(2)

Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Negeri Makassar Tahun 2019.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

WahyuningsihEndang. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.


Article Metrics

Abstract view : 91 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks