PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Musfirah Musfirah(1*), Muslimin Muslimin(2), Asriyani Syamsuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i2.37819

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air kelas V UPTD SPF SDN 63 Kawarang dan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air kelas V UPTD SPF SDN 63 Kawarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle untuk meningkatkan hasil belajar pada materi siklus air kelas V dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi siswa kelas V dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 20 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan Pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas V UPTD SPF SDN 63 Kawarang Kabupaten Soppeng.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Israwaty, I., Fajar & Muliasari, V. 2020. Penerapan Pendekatan STEM (Sci-ence, Technology, Engineering, and Mathematics) : Experiment Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Macam-macam Gaya di Kelas IV UPT SDN 62 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan

Jauhar, S., Abdul, K., & Wahyuni. 2017. Penerapan Model Pembelajaran In-side Outside Circle dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 215 Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 1(1).

Mukrimah, S. S. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Siliwangi.

Ningsih, S. Y., & Susi, A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inside outside Circle Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. MES (Journal of Mathematisc Education and Science). 2(2).

Nurjanah. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Metode Inkuiri Siswa Kelas V SD Negeri 68 Kecamatan Bacukiki Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan,6()

Nurdin, M., Sitti, J., & Abu, D. 2017. Penerapan Model Pembelajaran In-side Outside Circle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 7/83 pacing Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan. 7(1).

Noor, Zulki., &Zulkifli. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : Deepublish

Sigmarlatu, R., Samuel, P. R., & Elsimora, M. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Latihan SPG Ambon. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan. 7(1).

Subair, A., Lukman., & Shasliani. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining ( Sfae ) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V UPTD SDN 145 Barru. 1497–1508.


Article Metrics

Abstract view : 173 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks