ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PGSD DALAM MENGEM-BANGKAN CAPAIAN PEMBELAJARANKURIKULUM MERDEKA

Hamsah Pagarra(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.63700

Abstract


 Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan mahasiswa PGSD dalam mengembangkan capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil wawancara menunjukkan bahwa mahasiswa kesulitan dalam menganalisis materi dan memilah materi yang ada pada CP, sehingga pada saat akan mengembangkan CP sesuai topik dan sub topik sangat sulit untuk menentukan capaian pembelajaran mana yang sesuai dengan topik-topik tersebut. Berdasarkan hasil wawancara tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiswa PGSD kesulitan dalam mengembangkan capaian pembelajaran kurikulum merdeka.  publikasi ilmiah hasil penelitian bidang pendidikan dan pembelajarannya.


Keywords


Kesulitan Guru; Kurikulum Merdeka; Capaian Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi

Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad 21 di SD/MI. 2st ICIE: International Con-ference on Islamic Education, 2, 293–304.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nadira Aulia, Sarinah, J. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 14–20.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nawawi, Hadari., & Martini, Mimi. (1994). Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada Uni-versity.

Nugraha, T. S. (2022). Inovasi Kurikulum. 250–261.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuali

tatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Yustitia, V. (2017). Kemampuan Analisis Mahasiswa Pgsd Terhadap Tujuan Pembelajaran Dimensi Kognitif Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 83. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p83-93


Article Metrics

Abstract view : 6 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats