PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENUMBUHKEMABANGKAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PKN

Eka Agustina(1*), Muhammad Ardiansyah(2), Hartati Hartati(3),

(1) PPG Prajabatan Universitas Negeri Makassar
(2) PPG Prajabatan Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri 20 Tala-Tala
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i4.57710

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam menumbuhkembangkan kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran PKn. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penilitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan selama dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 20 Tala-tala Sebanyak 16 orang. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi sikap percaya diri siswa pada siklus I kategori  cukup. Sedangkan Siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat menumbuh kembangkan sikap percaya diri siswa dalam pelajaran PKn kelas V SD Negeri 20 Tala-tala.

Kata kunci:     Problem Based Learnig; Kepercayaan Diri.


Full Text:

XML

References


Abidin Yunus (2014) Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2019. Bandung: PT Refika Aditama

Anggitawati, dkk. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Dan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik. 23 (2). Hal 158. Jurnal Pendidikan Ilmu dan Pegetahuan. https://journal.um-surabaya.ac.id/didaktis/article/view/17933

Direktorat Pembina Sekolah Dasar. (2016). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar. Jakarta. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menegah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Resky. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Based Lerning Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SD Inpres Sinoa. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

Roeth, dkk. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. 5(2), Hal 1268. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/5005/pdf

Umi , dkk. (2023). Eksplorasi Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. 4 (1). Hal 22-28. Journal Of Basic Education. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase

Prasteyo, E. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa SD Allu Tarowang Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikakan; Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hariska, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Percaya Diri dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Batulabbu. Tesis. Program Pasca Sarjana Pendidikan Dasar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nurzaman, A. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Percaya Diri dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universtas Pasundan.

Susanto, A. (2021). Perkembangaan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada

Suprapto. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya

Trianto. (2021). Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya. PT. Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 8 times | XML view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats