Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone

Satriani, DH Satriani, DH(1*), Sitti Jauhar(2), Ayu Lestari Ayu Lestari(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.48597

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis pre- eksperimen yang untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Desain penelitian yang digunakan adalah control group design pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A dan IV B SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone dengan sampel sebanyak 55 siswa yang dipilih berdasarkan teknik sampling jenuh. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil belajar siswa kelas IV SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone sebelum diajar menggunakan media audio visual berada pada kategori baik.Hasil belajar siswa kelas IV SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone sesudah diajar menggunakan media audio visual berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Hasil belajar siswa kelas IV SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone sebelum dan sesudah diajar menggunakan media audio visual berbeda secara. Ini berarti penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.

Keywords


Media Audio Visual, Hasil Belajar Tematik Siswa

Full Text:

PDF

References


Ummul Quro. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Animaker Terhadap Prestasi Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1141–1149.

Ihsana. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar Jurnal Pengabdian kepada MasyarakatJurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1(2), 51-63.

Lejap, R. T. P., Tanggur, F. S., & Mbuik, H. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Tipe Sound Slide Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran IPS di SD Inpr. Bertingkat Oebobo 2 Kota Kupang Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , Universitas Citra Bangsa (1), 150–157.

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1).

Puspitaningrum, D. A., Istiqomah, H., & Fitriyah, C. Z. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio - Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. 2012, 92–98.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatuf, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 62 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats