ANALISIS TEKNIK GURU DALAM PEMBERIAN PENGUATAN DI SD INPRES 12/79 SUMPANG MINANGAE KECAMATAN SIBULUEKABUPATEN BONE

Makmur Nurdin(1*), Achmad Shabir(2), Madinatul Munawwara(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.43513

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui teknik guru dalam memberikan penguatan, di SD Inpres 12/79 Sumpang Minangae Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas di SD Inpres 12/79 Sumpang Minangae yang berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan observasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, display data, Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik guru dalam pemberian penguatan berupa penguatan verbal dan penguatan non verbal. Penguatan verbal diterapkan dengan memberikan penguatan dengan kata-kata atau kalimat pujian dan penguatan pujian tak penuh. Sedangkan penguatan non verbal diterapkan dengan memberikan penguatan dengan mimik dan gestur, penguatan dengan cara mendekati, penguatan dengan sentuhan dan penguatan berupa simbol ataupun benda. Memberikan penguatan kepada siswa yang dilakukan secara langsung dan tidak menunda-nunda. Hal ini perlu dilakukan agar semangat untuk mempertahankan prestasinya dan siswa terus mengulang hal-hal baik yang mendorongnya termotivasi dalam belajar dengan memberikan penguatan yang selalu diberikan. Guru harus terus menjadi contoh yang baik kepada siswa dan selalu mendekatkan diri dan lebih memahami karakter siswa.
Kata Kunci: teknik guru, memberikan penguatan


Full Text:

PDF

References


Agustina, M., Yulistio, D., & Utomo, P. 2022. Keterampilan guru memberi penguatan dalam pembelajaran bahasa indonesia kelas X Ipa di SMA Negeri 1 kota Bengkulu..Jurnal Ilmiah Korpus,4(1),46-53.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Asril, Zainal. 2017. Micro Teaching Disertai Dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali

Halimah, Lelli. 2017. Keterampilan Mengajar Sebagai Inspirasi Untuk Menjadi Guru Yang Excellent Di Abad Ke-21. Bandung: PT Refika Aditama.

Hasibuan, J & Moedjiono. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja (Gaung Persada Press Group).

Qamah, I., Mus, S., & Irmawati 2023. Pengelolaan penerimaan peserta didik baru di sekolah dasar.Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran,2(2),84-91.

Jadidah, A. 2019. Strategi penguatan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV MI Blitar. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Tutlungagung.

Marno. 2012. Strategi, Metode dan Teknik Mengajar. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. 2015. Kualitatif Data Analisis. Jakarta: UI Pres.

Nurdin, M., Mujahidah, Karmila., ST. 2023. Hubungan antara komunikasi interpersonal guru dengan prestasi siswa kelas tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran,2(4),84-91.

Sabri, Ahmad. 2021. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Ciputat : Ciputat Press.

Sugiyono, 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 114 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats